Sabtu, 25 September 2021

Kebutuhan Soft Skill Pada Perkembangan Teknologi

Selasa, 26 Januari 2021 | 21:31:02 WIB


/

Oleh: Hana Mahirah *)

DAMPAK positif dari Covid-19 yang bisa kita rasakan adalah terjadinya revolusi industri 4.0. Jika tidak ada Covid-19 mungkin kita tidak akan bisa sedekat ini dengan teknologi. Sebelumnya mungkin kita tidak pernah terpikir dengan adanya teknologi kita bisa bekerja dari rumah, pelajar bisa belajar dengan virtual.

Di era revolusi industri 4.0 pekerjaan akan banyak tergantikan. Majunya teknologi membuat pekerjaan di bidang teknologi sangat dibutuhkan. Bisa jadi pekerjaan seperti teller bank tergantikan dengan sistem robot yang bisa bekerja dengan akurat dan lebih hemat biaya. Untuk itu kita sebagai anak muda penerus bangsa harus bisa beradaptasi dengan teknologi saat ini.

Persiapan untuk revolusi industri sangatlah penting untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang akan datang. Oleh sebab itu, langkah-langkah yang dapat kita lakukan pertama adalah meningkatkan kualitas SDM di Indonesia, karena dapat menunjang kebutuhan SDM agar bisa bersaing di pasar industri pada masa sekarang maupun yang akan datang. Agar SDM di Indonesia sesuai dengan standar internasional.

Kedua, penggunaan teknologi internet. Pada era revolusi industri teknologi sudah sangat banyak dimanfaatkan untuk kepentingan perusahaan, sehingga perusahaan harus membangun proses IT yang pintar untuk dapat mengelola sistem yang sudah terhubung dengan koneksi internet.

Ketiga, memperluas jaringan. Saat ini perluasan jaringan dapat membuka ke peluang-peluang yang tidak pernah terpikir sebelumnya, dengan begitu kita bisa melakukan inovasi.

Menurut saya, pada perkembangan teknologi saat ini memiliki kemampuan hard skill saja tidak cukup. Kemampuan soft skill seperti leadership, critical thinking, public speaking, kreatif, inovatif juga menjadi penunjang kita dalam menghadapi berbagai tantangan di dunia kerja.

Dengan memiliki soft skill kita bisa menjalin komunikasi dengan baik, memiliki optimisme yang tinggi, memiliki rasa tanggung jawab, dan mengetahui perandi dalam perusahaan. Kedua kemampuan tersebut dapat membantu kita menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi saat ini, dan sangat berguna dalam dunia kerja seiring dengan peningkatan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi baru pada berbagai bidang dunia usaha, serta kebutuhan tingkat profesionalisme yang semakin tinggi.

Untuk calon pekerja yang dihasilkan perguruan tinggi seperti mahasiswa, pada saat ini harus mengembangkan soft skill agar tidak kehilangan kesempatan dan persaingan dalam mendapatkan pekerjaan. Adanya soft skill dapat menunjang mahasiswa dalam bersosialisasi di kancah manapun.

Apabila tidak memiliki soft skill kita akan sulit beradaptasi, bersosialisasi dengan orang lain, dan sulit mengendalikan emosi ketika dibawah tekanan. Dengan mengembangkan kemampuan tersebut kita dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi di dunia kerja.


*) Mahasiswi Politeknik Ketenagakerjaan


Penulis: Hana Mahirah
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments