Senin, 19 April 2021

Debat Kandidat Cagub dan Cawagub Digelar 3 Kali, Ini Materinya...


Rabu, 14 Oktober 2020 | 11:31:59 WIB


Apnizal, Komisioner KPU Provinsi Jambi
Apnizal, Komisioner KPU Provinsi Jambi / Sahrial/metrojambi.com

JAMBI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi akan melakukan debat publik calon gubernur dan wakil gubernur Jambi yang akan bertarung di perhelatan pemilihan gubernur (Pilgub) Jambi pada 9 Desember 2020 nanti.

Untuk debat publik ini, KPU sepakat akan dilakukan sebanyak tiga kali. Pertama adalah debat calon gubernur, kedua debat calon wakil gubernur, dan terakhir debat antara pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

“Debat kandidat ini telah diputuskan akan dilakukan tiga kali, pertama debat kandidat gubernur, kemudian yang kedua debat kandidat wakil gubernur dan ketiga pasangan calon,” ujar Apnizal, Komisioner KPU Provinsi Jambi, Rabu (14/10).

Dijelakan Apnizal, untuk debat pertama adalah debat kandidat gubernur akan dilakukan pada tanggal 24 Oktober 2020 nanti. “Debat kedua tanggal 21 Novermber untuk kandidat wakil gubernur, dan debat ketiga tanggal 5 Desember 2020, ini untuk pasangan calon,” terangnya.

Dikatakan Apnizal lagi, debat kandidat kali ini berbeda dengan debat-debat sebelumnya. Pengunjung yang boleh hadir di acara debat ini dibatasi sesuai PKPU 13 tahun 2020.

“Yang boleh hadir itu adalah empat orang tim kampanye masing-masing pasangan calon, dua orang dari Bawaslu dan lima orang dari KPU. Kemudian 5 orang tim panelis,” kata Apnizal lagi.

Tim panelis ini jelas Apnizal, terdiri dari akademisi dan juga dari tokoh masyarakat sesuai kriteria yang ditetapkan dengan kriteria minimal bergelar doktor. “Tim inilah nanti yang menyusun tema debat, yang nantinya akan didalami sesuai misi dan visi paslon,” katanya.

Apnizal juga mengatakan, ada beberapa hal yang akan menjadi materi debat. Pertama kata adalah soal bagaimana meningkatkan kesejahehraan masyarakat dan memajukan daerah.

Kemudian, materi lainnya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menjelaskan persoalan daerah, menyarasikan pelaksananaa pembangunan daerah kabupaten/kota, provinsi dan nasional.

Materi lainya adalah memperkokoh RI, dan kebijakan dan strategis dalam penananganan dan pengandalian covid-19, terakhir penanganan narkoba. “Empat materi inilah yang disusun tim pakar, menjadi dua tema dalam debat,” urainya.

Selain materi, waktu debat sendiri kata Apnizal juga telah ditentukan. Lamanya debat adaah 90 menit, dan 30 menit iklan layanan masyarakat.

“Debat ini akan disiarkan secara langsung di station tv local. Jadi kita mengimbau kepada untuk menonton di rumah, dan tim di posko masing-masing,” tandasnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments