Sabtu, 17 April 2021

Tinjau Ulang Kemingking, DPR RI Sudah Sampaikan ke Kementerian PUPR


Kamis, 18 Februari 2021 | 10:24:26 WIB


Gambar rencana pengembangan Kawasan Industri Kemingking.
Gambar rencana pengembangan Kawasan Industri Kemingking. / Istimewa/PT JKE

JAMBI - Banyaknya permasalahan pengembangan Kawasan Industri (KI) Kemingking di Muarojambi ternyata sudah lama menjadi perhatian DPR RI. Anggota Komisi V DPR H Bakri menilai, rencana pembangunan kawasan industri oleh PT Jambi Kemingking Ecopark (JKE) tersebut harus dievaluasi.

Kepada Metro Jambi, Rabu (17/2/2021), Bakri mengatakan bahwa pembangunan kawasan industri tersebut mengancam cagar budaya komplek percandian Muarojambi. Selaku anggota DPR asal Jambi, Bakri mengaku sudah pernah menyampaikan persoalan itu kepada Kementerian PUPR.

“Setahu saya daerah itu akan dibangun pabrik. Tapi terkendala izin karena termasuk daerah cagar budaya,” kata Ketua DPW PAN Provinsi Jambi ini. Bakri menyebutkan, kawasan percandian Muarojambi yang terancam itu luas dan terbesar di dunia.

Baca juga : Empat Hal Jegal Kemingking

Oleh karena itu, dia meminta pembangunan industri di kawasan cagar budaya ditinjau ulang. “Jangan sampai kegiatan itu merusak cagar budaya yang merupakan aset dunia,” tukas anggota komisi bidang infrastruktur dan transportasi ini.

Bakri juga mengaku pernah membawa persoalan ini ke Dirjen Badan Pengelola Infrastruktur Wilayah (BPIW), yang berwenang menyinkronkan pembangunan di Indonesia. “Saya meminta pemerintah tidak buru-buru memberikan izin,” tambahnya lagi.


Penulis: mrj/ria
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments