Selasa, 2 Maret 2021

Tingkatkan Kompetensi Guru, SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi Gelar Workshop


Jumat, 19 Februari 2021 | 11:21:54 WIB


SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi menggelar workshop untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19.
SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi menggelar workshop untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. / Nita / Metrojambi.com

JAMBI - SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi menggelar workshop untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19.

Kegiatan yang digelar selama dua hari itu dikuti sekitar 20 guru serta kepala sekolah di lingkup SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi, dan dibuka oleh Ketua PDM Kota Jambi, Samardan Harahap, Jumat, (19/2/2021).

Pembukaan workshop juga dihadiri oleh Koordinator Majelis Dikdasmen PWM Provinsi Jambi, Akhmad Junaidi yang juga menjadi salah satu pemateri kegiatan.

Samardan mengatakan, ia bersyukur karena SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi menggelar workshop tersebut. Menurut Samardan, kegiatan seperti ini memang perlu dilaksanakan di situasi Covid-19 untuk meningkatkan kualitas guru.

"Memang perlu ada strategi khusus. Sebenarnya standar operasionalnya sudah ada tapi ini yang harus dipahami oleh guru. Ini juga bisa menambah wawasan guru bagaimana strategi pembelajaran disaat pandemi," ujarnya.

Dikatakannya lagi, pembelajaran di saat pandemi beda dengan pembelajaran di saat normal, maka dibutuhkan strategi khusus yang diluncurkan bagi guru.

Kemudian, Akhmad Junaidi mengatakan kegiatan ini untuk menyiasati pembelajaran secara jarak jauh karena dengan adanya pandemi bukan alasan untuk pembelajaran terhenti.

Sementara itu, Kepala SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi, Aldi Mawardi yang berinisiatif menggelar workshop dengan tujuan meningkatkan kompetensi guru dalam kondisi pandemi.

"Secara khususnya supaya para guru SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi ini paham apa itu AKM (Asesmen Nasional, red) selama ini kan cuma membacanya saja. Kemudian bagaimana menyusun RPP yang benar, karena kebanyakan guru belum paham bagaimana menyusun konsep RPP sederhana. Setelah itu, di workshop ini juga guru diajarkan bagaimana mengajar secara jarak jauh," paparnya.

Dikatakannya, dengan berlangsungnya belajar jarak jauh guru tidak hanya menggunakan WhatsApp tetapi ada aplikasi lainnya yang bisa digunakan. "Terus memberikan bagaimana penilaian terhadap siswa di masa pandemi ini. Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan kompetensi guru," harap Aldi.

Kemudian perlu diketahui bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi telah dibuka sejak awal Februari lalu hingga Juli mendatang. Serta gratis uang pendaftaran dan uang pembangunan untuk 20 pendaftar pertama.


Penulis: Nita
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments