Sabtu, 17 April 2021

Pertama di Jambi, Pelatihan Bonsai Kelapa


Minggu, 21 Februari 2021 | 21:51:45 WIB


Panitia dan peserta pelatihan bonsai kelapa di Mal Jamtos, Minggu (21/2/2021).
Panitia dan peserta pelatihan bonsai kelapa di Mal Jamtos, Minggu (21/2/2021). /

JAMBI - Metro Jambi Group bekerja sama dengan komunitas Jambi Bonsai Kelapa (Jambopa) menggelar pelatihan bonsai kelapa. Pelatihan diadakan di arena Pameran & Kontes Flora Fauna di Extension Lantai Dasar Mal Jamtos, Minggu (21/2/2021).

“Inilah untuk pertama kalinya di Provinsi Jambi diadakan pelatihan bonsai kelapa,” ujar Joni Rizal, Direktur Utama yang juga Pemimpin Redaksi Metro Jambi, pelaksana Pameran & Kontes Flora Fauna yang berlangsung sejak 5 Februari lalu.

Pelatihan diikuti sebanyak 20 peserta yang sangat antusias. Tak hanya dari Kota Jambi, peserta juga berasal dari Kabupaten Muarojambi, Baranghari dan Tanjung Jabung Timur.

Ketua Jambopa Sarnubi menyampaikan terima kasih kepada Metro Jambi group dan Jamtos yang telah memfasilitasi dan mendukung acara ini.

Menuru Sarnubi, buah kelapa yang tidak dimanfaatkan kini menjadi inspirasi baru bagi sekelompok orang.  Buah kelapa tua yang gugur tidak semuanya dikonsumsi. Sebagian dibiarkan tumbuh di bawah batang.

"Muncul ide, bagaimana limbah buah kelapa yang tidak dikonsumsi itu bisa diolah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi tinggi," ungkap Sarnubi. Maka, katanya, dilakukan alih fungsi kelapa dari bahan konsumsi pangan menjadi karya seni hiasan berupa bonsai.

Sarnubi juga menyebut inilah pertama kalinya pelatihan bonsai kelapa diadakan di Provinsi Jambi. “Kita berniat memasyarakatkan bonsai kelapa (bonkla, red). Jadi sasaran peserta adalah pebonsai pemula, atau orang-orang yang baru ingin mengenal bonkla," jelasnya.(*)

 


Penulis: Titas
Editor: mrj



comments