Senin, 19 April 2021

Patgulipat Beasiswa SMA, BPK Temukan Rp 2,5 M Potensi Kerugian Negara


Senin, 22 Februari 2021 | 10:02:08 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / istimewa

Tak hanya tanpa HPS, patgulipat dalam kasus ini terlihat nyata dengan penunjukan langsung CV Syah Nusantara Group (SNG) sebagai pelaksana kegiatan.

Dalam peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) No 8 Tahun 2018, kegiatan swakelola beasiswa hanya bisa dilaksanakan oleh kementerian/lembaga/perangkat daerah yang tugas dan fungsinya sesuai dengan pekerjaan tersebut, atau perguruan tinggi, atau badan layanan umum (BLU).

Sedangkan CV SNG adalah lembaga penyedia jasa, tidak berwenang melaksanakan TOEFL atau mensertifikasi kompetensi siswa SMK. Informasi yang didapat, penunjukan langsung ini dilakukan karena kedekatan salah satu pejabat di Dinas Pendidikan dengan CV SNG.

CV SNG, yang dipimpin oleh pengusaha bernama Ilham, adalah langganan dinas-dinas di lingkup Pemerintah Provinsi Jambi untuk menggelar kegiatan-kegiatan besar. Keterlibatan CV SNG di Pemprov Jambi terakhir pada event HUT Provinsi Jambi, 6 Januari lalu.

Sebelum itu, event-event besar di Dinas Pariwisata, seperti Festival Batanghari, Malam Apresiasi Pesona Wisata Jambi, Pemilihan Duta Seni Budaya dan Pariwisata, Pesta Rakyat adalah beberapa garapan CV SNG.


Penulis: mrj/rna/ria
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments