Sabtu, 17 April 2021

341 Sekolah di Jambi Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka


Selasa, 02 Februari 2021 | 10:50:16 WIB


Salah satu sekolah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi saat menggelar simulasi pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19
Salah satu sekolah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi saat menggelar simulasi pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19 / dok.metrojambi.com

 JAMBI - Proses verifikasi faktual ke setiap SMA/SMK/SLB seluruh kabupaten/kota terkait kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di masa pandemi Covid-19 oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi telah usai. Hasilnya, ada 341 sekolah yang siap melaksanakan PTM.

Pelaksana Tugas Kepala Disdik Provinsi Jambi, Bukri mengatakan, saat ini pihaknya tengah menunggu persetujuan gubernur untuk kegiatan PTM tersebut.

"Data sekolah yang sudah siap PTM sudah kita kirim ke pak Gubernur, ada 341 sekolah. Tapi persetujuan belum turun," ujarnya, Selasa (2/2/2021).

Apabila izin diberikan gubernur dalam seminggu ini, lanjut Bukri, maka PTM siap dibuka. "Kalau dalam minggu ini selesai (persetujuan Gubernur), Senin pekan depan kita mulailah PTM nya," kata Bukri.

Lebih Bukri menyampaika, untuk yang diverifikasi faktual di lapangan itu, pertama adalah sumber air mengalir yang ada di lingkungan sekolah. “Ini menjadi syarat pokok dalam menuju pembelajaran tatap muka, demi kesehatan dan keselamatan bersama," tuturnya.

Kemudian yang kedua, administrasi satuan tugas di sekolah harus sudah terbentuk, karena ini juga diamanatkan di dalam SKB 4 menteri yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19, keputusan membuka sekolah sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah daerah.

Selanjutnya, di sekolah itu harus ada tim kesehatan dan tim pembelajaran. "Tim-tim inilah nanti yang akan membuat sebuah protap di sekolah, sehingga siswa betul-betul melaksanakan protokol kesehatan," jelas Bukri.

Sebelumnya direncanakan proses PTM semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 untuk jenjang SMA/SMK/SLB di Provinsi Jambi akan dibuka pada tanggal 18 Januari ini, namun juga masih banyaknya sekolah yang belum siap akan fasilitas protokol kesehatan Covid-19 membuat Disdik berkali-kali melakukan penundaan.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal


TAGS:


comments