Sabtu, 17 April 2021

Bupati Terpilih Batanghari dan Tanjab Barat Dilantik Secara Virtual


Jumat, 19 Februari 2021 | 09:22:59 WIB


Sekda Provinsi Jambi, Sudirman
Sekda Provinsi Jambi, Sudirman / dokumentasi - Metrojambi.com

JAMBI - Bupati terpilih Kabupaten Batanghari dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi akan dilantik oleh Penjabat Gubernur Jambi secara virtual.

"Berdasarkan hasil meeting zoom bersama Kementerian Dalam Negeri, pelantikan bupati terpilih untuk dua kabupaten di Jambi, yakni Kabupaten Batanghari dan Tanjab Barat dilakukan antara tanggal 25 dan 26 Februari 2021," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman.

Pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih di dua kabupaten tersebut akan dilakukan secara virtual. Masing masing bupati dan wakil bupati terpilih berada di daerahnya masing masing dan Penjabat Gubernur Jambi berada di Jambi. Pelantikan secara virtual tersebut dilakukan karena saat ini masih berada dalam masa pandemi Covid-19.

Bupati dan wakil bupati terpilih di Kabupaten Batanghari berdasarkan hasil pemilihan kepala daerah tahun 2020 yakni pasangan M Fadhil Arief -Bakhtiar. Sementara Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Tanjab Barat yakni Anwar Sadat-Hairan.

Sementara itu Bupati Batanghari Syahirsah dan Bupati Tanjab Barat Syafrial secara resmi mengakhiri masa jabatannya pada tanggal 12 Februari 2021. Kekosongan jabatan bupati di daerah itu saat ini di isi oleh pelaksana harian yang merupakan sekretaris daerah di daerah itu. Sekretaris daerah di daerah itu menjabat sebagai pelaksana harian hingga bupati terpilih dilantik oleh Penjabat Gubernur Jambi.

Dimana Penjabat Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni pada hari ini Kamis (18/2) baru saja dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Jakarta bersama tiga penjabat gubernur provinsi lainnya yakni Provinsi Sumatera Barat Bengkulu dan Kepulauan Riau.

Bupati terpilih di dua kabupaten tersebut di lantik oleh Penjabat Gubernur Jambi dikarenakan saat ini hasil pemilihan Gubernur Jambi tahun 2020 masih dalam proses penyelesaian hasil pemilihan umum di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Penjabat Gubernur Jambi tiba di Jambi pada Jumat (19/2) dan akan melaksanakan tugas sebagai penjabat gubernur hingga Gubernur Jambi hasil pemilihan kepala daerah tahun 2020 ditetapkan secara definitif," kata Sudirman.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments