Minggu, 13 Juni 2021

Bertopi Kardus, Bobol Alfamart dan Indomaret

Senin, 22 Februari 2021 | 11:25:10 WIB


Tiga orang pria yang diduga merupakan pelaku pencurian spesialis gerai Alfamart berhasil ditangkap petugas gabungan dari Polsek Kotabaru, Polsek Jelutung, dan Polresta Jambi.
Tiga orang pria yang diduga merupakan pelaku pencurian spesialis gerai Alfamart berhasil ditangkap petugas gabungan dari Polsek Kotabaru, Polsek Jelutung, dan Polresta Jambi. / istimewa

JAMBI - Aksi kedua perampok dan pembobol Alfamart dan Indomaret ini terbilang unik. Mereka sengaja menutupi kepala dengan kardus agar wajah mereka tidak terlihat jelas dalam rekaman kamera pengintai CCTV (closed-circuit television).

Kedua pelaku ini bernama Edi Sukamto (45) dan Suparno (47). Keduanya diringkus polisi di kediaman mereka, RT 18 Kelurahan Rawasari, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi, Sabtu (20/2/2021).

Di depan polisi dan media, Suparno mengaku membobol Alfamart hanya untuk mengambil rokok. “Untuk kehidupan sehari hari. Saya targetnya curi rokok dan dijual ke daerah-daerah,” ungkapnya.

Baca juga: Tiga Pencuri Spesialis Bobol Alfamart Ditangkap

Kapolresta Jambi Kombes Pol Dover Christian mengatakan, keduanya adalah spesialis pembongkar minimarket  Alfamart dan Indomaret.

Pelaku diketahui telah membobol Indomaret dan Alfamart di enam lokasi berbeda. Di antaranya, Alfamart Mitra Bangunan Jalan Patimura dan Alfamart Kampung Bugis Alam Barajo. Diketahui, pelaku telah dua kali membobol Alfamart Jaluko.

“Lainnya, Alfamart Simpang Ness di Muarojambi dan Indomaret Depan Asrama Haji Jambi," ungkap Dover. Setiap beraksi, pelaku selalu membobol dinding minimarket dan membuat lubang seukuran tubuh manusia.

“Dibobol menggunakan linggis dan besi panjang,” ungkapnya. Di antara barang yang digasak adalah rokok, susu dan coklat. “Hasilnya dijual ke luar kota, ke Kabupaten Kerinci,” ungkap Dover.

Para pengelola minimarket mengalami kerugian beragam, mulai dari Rp 22 juta hingga Rp 28 juta. "Dari tiga Alfamart, kerugian sekitar Rp 79 juta," kata Dover.

Kasat Reskrim Polresta Jambi Kompol Handres mengatakan, pelaku terungkap dari rekaman kamera CCTV. “Pelaku ini terekam kamera pengawas. Dari rekaman, pelaku menutupi kepalanya dengan kardus agar tidak kelihatan wajahnya,” ungkap Handres.


Penulis: Novri
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments