Sabtu, 17 April 2021

KPU Jambi Siapkan Lima Saksi


Selasa, 23 Februari 2021 | 09:10:55 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi /

 JAMBI – Sidang gugatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi akan dilanjutkan Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini, Selasa (23/2/2021). Sidang hari ini dengan agenda mendengarkan keterangan saksi dan ahli serta pemeriksaan barang bukti secara daring.

Komisioner KPU Provinsi Jambi Nur Kholik  mengatakan, pihaknua selaku termohon sudah menyiapkan saksi-saksi yang dibutuhkan.

"Saksi yang akan dihadirkan dari KPU Provinsi Jambi sebanyak lima orang," ujarnya.

Dijelaskan Kholik, saksi yang dihadirkan pada persidangan hari ini merupakan saksi fakta yang akan menguatkan jawaban KPU Provinsi Jambi sebagai pihak Termohon.

Sementara itu, Kuasa Hukum KPU Provinsi Jambi, Syahlan Samosir mengatakan, yang didalilkan pemohon dalam perkara ini yakji 35 ribu pemilih yang tidak menggunakan E-KTP namun bisa menyalurkan hak pilih.

"Itu data yang di awal yang di cek lagi, tapi faktanya berkurang terus. Awalnya lima ribu misalnya besok ada perekaman lagi tentu akan berkurang. Perekaman e-KTP dilakukan secara bertahap. Data terus bergulir tiap harinya sampai penghujung mau Pemilu,” ungkapnya.

Adapun pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi, Fachrul Rozi mengatakan pihaknya juga sudah bersiap untuk menghadiri persidangan dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi. Namun, lanjut Fachrul, Bawaslu Provinsi Jambi dalam persidangan ini sebagai pihak terkait tidak menyiapkan saksi-saksi.

"Bawaslu tidak perlu menyiapkan saksi-saksi," katanya.

Bawaslu hanya akan kembali memberikan keterangan, bagaimana pengawasan dilakukan sepanjangan tahapan Pilgub Jambi Desember lalu.

"Kita hanya akan menyampaikan mengenai pengawasan, bagaimana pelaksanaan di lapangan," tandasnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments