Sabtu, 27 Februari 2021

Warga Bungo Mulai Acuh Terhadap Prokes Covid-19


Selasa, 23 Februari 2021 | 09:19:57 WIB


Warga Bungo mulai acuh terhadap prokes Covid-19 saat beraktivitas di luar rumah
Warga Bungo mulai acuh terhadap prokes Covid-19 saat beraktivitas di luar rumah / Metrojambi.com

 MUARA BUNGO - Pandemi Covid-19 yang mengharuskan masyarakat merubah kebiasaan hidup dengan selalu menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yakni mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker mulai tidak dipedulikan.

Saat ini sebagian masyarakat di Kabupaten Bungo tidak lagi peduli atau kerap tidak menggunakan masker saat beraktivitas keluar rumah.

Tidak hanya itu, penegakan disiplin protokol kesehatan juga terlihat sudah tidak dilakukan lagi oleh tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Bungo.

Salah satu warga Bungo, Fadli menyebut saat ini masyarakat sudah lupa dengan kondisi pandemi yang mengharuskan kita menerapkan protokol kesehatan.

Ia juga menyebut pemerintah daerah mulai tidak serius dalam menerapkan aturan. Seperti penerapan jam malam dan pembentukan Perda sanksi bagi pelanggar prokes dinilai hanya sebatas wacana.

"Sekarang jangankan masyarakat, pemerintah saja sudah tidak serius lagi dalam menangani Covid-19 ini," ujarnya, Selasa (23/2/2021).

Sementara itu, Kabid Trantib Satpol PP Bungo, Ikhwan Syam saat ditemui beberapa waktu lalu membantah tidak melakukan penegakan disiplin prokes Covid-19.

Ia menyebut hingga saat ini anggota Satpol PP tetap melakukan himbauan kepada masyarakat melalui pengeras suara dari mobil patroli.

Faktor yang membuat berkurangnya tindakan bagi pelanggar disiplin prokes disebabkan karena ada program lain yang harus dilakukan secara bertahap.

"Kita tetap melakukan penegakan disiplin. Sampai saat ini kita masih patroli bersama anggota untuk memberikan himbauan kepada masyarakat," ujar Ikhwan Syam.


Penulis: Khairul Fahmi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments