Senin, 19 April 2021

Bupati Sebut Kemingking Acakadul

Lapor ke Pj Gubernur karena Terus Didesak PT JKE, Tak Ingin Kasus Meikarta Terjadi di Muarojambi

Selasa, 23 Februari 2021 | 10:46:34 WIB


Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro
Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro / dok/metrojambi.com


Diketahui, Chairil Anwar, pemilik PT JKE, sering mendesak Masnah untuk mengeluarkan perubahan tata ruang, namun belum dipenuhi karena tidak memenuhi prosedur.

Seperti diberitakan, keseluruhan areal rencana KI Kemingking di Desa Teluk Jambu dan Kemingking Dalam masih bermasalah. Tetapi, PT JKE sudah menjual kawasan ini ke berbagai investor di luar negeri. Salah satu investor yang telah diajaknya masuk adalah Sino-Nest Health Technologi Co Ltd dari Cina.

Padahal, dari rencana kawasan seluas 2.020 hektar, seluas 1.541,03 hektar dalam status sita jaminan BRI Agro dan dilelang oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Sisanya, sekitar 479 hektar juga belum menjadi milik PT JKE karena legalitas tanahnya dikuasai Tanoto Jacobes alias Ayong, pengembang Mall WTC Batanghari.

Bahkan, Ayong melalui bawahannya melaporkan Chairil ke Polda Jambi atas kasus penyerobotan. Karena harus memasukkan investor dari Cina, kegiatan PT JKE selanjutnya bergeser ke areal 125 hektar yang dibeli dari pengusaha Christian Wijaya.

Namun, menurut pengacara Christian, Nelson Freddy, PT JKE tidak berhak menggarap lahan tersebut sebelum membayar lunas ke kliennya. “Ada perjanjian antara Pak Chris dengan Chairil bahwa areal tersebut boleh digarap kalau pembayaran sudah lunas,” ujar Nelson.

Belakangan, PT JKE juga dilaporkan ke Polda dengan tuduhan merusak properti milik Christian Wijaya. Perusakan yang dituduhkan dilakukan terkait persiapan lahan untuk investor Cina yang membangun pabrik pengolahan sarang burung walet.

Chairil Anwar yang berkali-kali dihubungi melalui nomor WhatsApp-nya tidak kunjung menjawab permintaan wawancara Metro Jambi. Eno Ridarto, General Manager PT JKE, yang sempat menghubungi Metro Jambi belakangan tidak bersedia memberikan keterangan.

Penulis: sdp/rna/mrj
Editor: Ikbal/mrj



comments