Senin, 19 April 2021

Ini Tips Naik Gunung Masurai Agar Tidak Tersesat


Selasa, 23 Februari 2021 | 11:57:05 WIB


Indahnya pemandangan di Danau Kumbang yang terletak di atas Gunung Masurai, Kabupaten Merangin
Indahnya pemandangan di Danau Kumbang yang terletak di atas Gunung Masurai, Kabupaten Merangin / istimewa


"Pantangan dan larangan biasanya banyak disarankan kepada wanita, karena wanita tidak jujur sebelum mendaki, misalnya kalau dia sedang halangan sebenarnya tidak bisa naik gunung, karena fisik kurang, selain itu kalau sedang halangan bisa mengundang binatang buas atau mahluk gaib," kata Yusierlina.

Sementara untuk laki-laki, saat melakukan pendakian dilarang berbuat yang tidak senonoh seperti membawa narkoba atau buang air sembarangan di dalam hutan.

"Kalau mau naik gunung Masurai ada jalur yang bisa dilewati, pertama jalur Desa Sungai Lalang dan Desa Tanjung Berugo. Namun biasanya pendaki banyak menggunakan jalur Desa Sungai Lalang," jelasnya.

Sebelum masuk pada pintu rimba ada hal lain yang harus diwaspadai dan diperhatikan, yaitu jalur jalan di dalam kebun kopi warga, jika tidak paham maka bisa tersesat dalam kebun kopi karena jalur jalan terlalu banyak.

"Untuk mendaki gunung menghabiskan waktu 8 hingga 10 jam perjalanan baru bisa sampai ke puncak, kalau waktu yang tepat untuk mulai naik sesudah sarapan pagi mulai jam 8 pagi," jelasnya lagi.

Yusierlina menyebutkan, jika ingin turun dari gunung hanya memakan waktu yang lebih sedikit sekitar empat jam sudah bisa sampai ke desa warga.

"Minimal jika ingin melakukan pendakian gunung Masurai harus ada pendamping agar lebih aman. Pendamping bisa dari pencinta alam atau warga desa yang sudah pernah naik gunung," katanya lagi.


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments