Senin, 19 April 2021

Waspada Langit Merah Jilid II


Rabu, 24 Februari 2021 | 10:38:24 WIB


Fenomena langit memerah di beberapa desa dalam wilayah Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, Sabtu (22/9/2019)
Fenomena langit memerah di beberapa desa dalam wilayah Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, Sabtu (22/9/2019) / dok/metrojambi.com

JAMBI – Titik-titik panas mulai muncul di sebagian daerah dalam Provinsi Jambi. Salah satunya yang mengagetkan terjadi di lahan gambut Desa Puding dan Desa Mentaro, Kecamatan Kumpeh Ilir, Kabupaten Muarojambi.

Kawasan ini sempat viral dan menjadi isu nasional dan internasional pada 2019 karena kebakaran yang membuat langit sebagian wilayah Jambi merah menyala. Saat itu, kebakaran di kawasan tersebut memunculkan polusi dari partikel berwarna merah yang membuat langit gelap.

Tidak heran, ketika terjadi lagi kebakaran di daerah tersebut, Kapolres Muarojambi AKBP Ardiyanto turun langsung. Dia memimpin upaya pemadaman api yang menjalar sejak Senin (22/2/2021).

Baca juga : Penjelasan BMKG Terkait Fenomena Langit Memerah di Muaro Jambi

Kebakaran lahan di dua desa itu awalnya terpantau melalui kamera CCTV aplikasi "Asap Digital" di Mapolres Muarojambi. Kasubag Humas Polres Muarojambi AKP Amradi pada Selasa (23/2/2021) mengatakan, kebakaran terjadi di lahan kawasan PT Sawit Mas Plantation (SMP).

Dia menjelaskan, kondisi  lahannya  adalah  gambut dengan kedalaman dua meter, ditumbuhi tanaman pakis, resam dan pepohonan kecil.


Penulis: sdp/eko/mok/nng
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments