Selasa, 13 April 2021

Bonsai Buah, Estetik dan Bisa Dimakan


Rabu, 24 Februari 2021 | 13:41:49 WIB


/ Metrojambi.com

 JAMBI - Bukan hanya tanaman hias yang bisa mempercantik halaman teras rumah para pandemic planter, sebutan bagi pegiat yang mulai menanam saat pandemi melanda, tetapi tanaman buah juga bisa mempercantik halaman rumah.

Tanaman buah yang biasanya berbatang besar dan ditempatkan di lahan yang luas, kini bisa ditempatkan ke pot bunga melalui metode bonsai.

Bonsai merupakan seni untuk menghasilkan miniatur dari pohon besar untuk diletakkan ke tempat yang lebih kecil seperti pot bunga.

Berbeda dengan tanaman hias yang berbatang lembut, tanaman buah memiliki batang berkayu sehingga bisa dibentuk sesuai keinginan.

"Kalau tanaman hias kan nggak bisa dikawat-kawatin karena batangnya lembut. Kalo kek gini kan bisa dibentuk mau bagaimana kan bisa, sesuai imajinasi," ujar Mama Raja, penjual bonsai tanaman buah saat ditemui di Lameran dan Kontes Flora Fauna Jamtos, Rabu (24/2/2021).

Harga tanaman buah yang sudah di bonsai mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 1,5 juta, tergantung pada jenis dan umur tanaman buah.

"Kalau tanaman kayak gini, semakin bertambah umurnya semakin mahal. Tapi kalau kayak Aglonema itu kan udah biasa, segitu-segitu malah berkurang kan," bebernya.

Layaknya tanaman, cara perawatannya pun tidak terlalu rumit, asalkan sering terkena sinar matahari dan disiram. "Untuk perawatannya biasa aja sama kayak kembang, disiram saja," ujarnya.

Bagi masyarakat Jambi yang ingin menambah koleksi atau mempercantik ruangan rumah dengan tanaman hias atau tanaman buah lainnya bisa langsung mengunjungi Pameran dan Kontes Flora Fauna yang digelar Metro Jambi Grup di extention lantai dasar Mall Jambi Town Square (Jamtos).


Penulis: Mg1
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments