Senin, 19 April 2021

885 Siswa di Jambi Ikuti Kompetensi Sains Madrasah Tingkat Nasional Secara Online


Kamis, 12 November 2020 | 11:22:43 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Kompetisi Sains Madrasah tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) kali ini dilakukan secara daring (online) sehingga disebut KSMO, dengan diikuti lebih dari 66 ribu siswa madrasah.

KSMO menjadi wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, sekaligus untuk menumbuh kembangkan budaya kompetisi yang sehat, serta memotivasi mereka untuk terus meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual.

KSMO juga memberi kesempatan kepada para siswa madrasah untuk menjadi duta Indonesia yang dapat membanggakan bangsa.

"Total ada 66.778 siswa yang mendaftar KSMO 2020, terdiri atas 22.120 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), 23.449 siswa Madrasah Tsanawiyah, dan 21.208 siswa Madrasah Aliyah," terang Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Umar.

Menurut Umar, KSMO 2020 digelar dengan sejumlah keunggulan, meski pada masa pandemi. Pertama, dari sisi konten, KSMO mengintegrasikan antara ilmu keislaman dan sains. KSMO menuntut peserta mendapat bimbingan persiapan minimal dari lima guru, yaitu guru sains (sesuai bidangnya), Fiqih, Al-Quran Hadis, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan guru IT.

"Pendampingan pada masa persiapan harus dilakukan secara kolaboratif, karena materi KSMO mengintegrasikan antara ilmu keislaman dan sains," jelas Umar.

Kedua, soal KSMO menggunakan tiga bahasa, yaitu Indonesia, Arab, dan Inggris. "Ketiganya digunakan sehingga menuntut pada siswa untuk menguasai semuanya," tegas Umar.

Keunggulan ketiga, KSMO memanfaatkan teknologi digital berupa Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Artifisial untuk mengukur dan menguji integritas peserta. Menurut Umar, ada layanan kamera yang terpasang di setiap aplikasi yang digunakan peserta.

Sementara itu, Kabid Inmas Kanwil Kemenag Provinsi Jambi M Yazid saat dikonfirmasi terkait peserta asal Provinsi Jambi, dirinya mengatakan bahwa Kepala Kanwil Kemenag telah menginstruksikan setiap madrasah mengikutsertakan perwakilannya untuk ikut KSMO.

"Setiap Madrasah Ibtidayah (MI) 2 peserta, setiap Madrasah Tsanawiyah (Mts) 3 peserta dan setiap Madrasah Aliyah (MA) 6 peserta," ujarnya., rabu (11/11/2020).

Yazid merincikan, total jumlah lembaga yang mendaftar KSMO yakni 361 madrasah terdiri dari MI 73 swasta dan 30 negeri, MTs 101 swasta dan 66 negeri, MA 56 swasta dan 35 negeri.

"Sedangkan untuk jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 885 orang. Dimana untuk MI ada 138 orang, MTs 397 peserta dan MA 350 orang," sampainya.

Jadwal pelaksanaan KSMO Nasional untuk MA hari ini dimulai pukul 08.00-10.00 WIB dalam bidang biologi terintegrasi dengan Matematika terintegrasi, pukul 10.30-12.30 WIB Fisika terintegrasi dengan Ekonomi terintegrasi, pukul 13.00-15.00 WIB Kimia terintegrasi dengan Geografi terintegrasi.

Sementara untuk MI jadwal sudah dilaksanakan tanggal 9 November dan MTs tanggal 10 November kemarin. "Pemenang KSMO akan diumumkan pada 19 November 2020," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments