Senin, 19 April 2021

Madrasah Diingatkan Tidak Lakukan Perbuatan Pidana


Senin, 01 Maret 2021 | 11:03:06 WIB


Muhammad, Kakanwil Kemenag
Muhammad, Kakanwil Kemenag / istimewa

JAMBI - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jambi, Muhamad mengingatkan seluruh madrasah untuk menghindari perbuatan-perbuatan yang dikategorikan tindak pidana.

Hal ini sesuai dengan Surat Inspektorat Jenderal Kemenag RI Nomor: B-15.1/IJ/PS.00/01/2021 tanggal 8 Januari 2021 lalu perihal Early Warning Pengelolaan Keuangan Negara Pada Kemenag yang Bersih dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme, serta Birokrasi yang Melayani.

Muhamad menegaskan agar seluruh madrasah tidak melakukan tindakan curang dengan melakukan pungutan liar atau praktik korupsi dalam bentuk apapun.

"Jangan ada pihak-pihak yang melakukan Pungli atas nama Komite. Sungguh memalukan jika hal tersebut sampai terjadi. Sudah ada instruksi dan edaran tegas dari pusat melalui Early Warning," ujarnya, Senin (1/3/2021).

Merujuk pada surat yang ditandatangani oleh Deni Suardini selaku Inspektur Jenderal Kemenag RI tersebut, Muhamad mengatakan bahwa pengelolaan anggaran pada satuan pendidikan madrasah harus dilakukan secara tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat administrasi dengan memanfaatkan penyerapan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada madrasah sesuai dengan petunjuk teknis pengelolaan dana BOS yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI.

Muhamad meminta agar penggunaan dana BOS pada madrasah salah satunya diorientasikan pada peningkatan mutu tenaga pendidik. "Gunakan dana BOS madrasah untuk meningkatkan mutu SDM guru madrasah demi peningkatan kualitas madrasah itu sendiri," tandasnya.

 

Rina


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments