Senin, 19 April 2021

Pemkot Jambi Evaluasi Kebijakan Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik


Senin, 01 Maret 2021 | 11:50:40 WIB


Pemkot Jambi komitmen batasi penggunaan kantong plastik
Pemkot Jambi komitmen batasi penggunaan kantong plastik / ANTARA

JAMBI- Setelah mengeluarkan kebijakan pembatasan penggunaan kantong plastik, Pemerintah Kota Jambi akan melakukan evaluasi terhadap penerapan kebijakan tersebut.

Awalnya, kebijakan tersebut hanya untuk mall dan swalayan. Pemkot Jambi berencana untuk memperluas sasaran penerapan kebijakan tersebut.

"Semula kan baru swalayan, mall, supermarket, ke depan mungkin kita akan terapkan untuk semua pelaku usaha yang ada di Kota Jambi," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jambi, Ardi, Senin (1/3/2021).

Dikatakannya lagi, saat ini sedang dilakukan kajian untuk melakukan penerapan kebijakan tersebut. "Tapi ini harus ada kebijakan yang ekstrim juga, seharusnya bukan hanya Kota Jambi saja, tapi seluruh provinsi ini memiliki kebijakan yang sama," ujarnya.

Ardi mengatakan, seharusnya daerah yang berbatasan dengan Kota Jambi juga memiliki kesamaan kebijakan tersebut. Ini dikarenakan toko modern yang berada di daerah perbatasan Kota Jambi belum memberlakukan kebijakan tersebut.

Untuk diketahui, memasuki awal tahun 2019 lalu, Pemerintah Kota Jambi berlakukan kebijakan terkait pembatasan penggunaan kantong plastik. Pusat perbelanjaan dan ritel modern di Kota Jambi, dilarang menyediakan kantong plastik bagi konsumen. Konsumen didorong secara mandiri untuk membawa sendiri kantong belanja dari rumah.

Kampanye pembatasan kantong plastik tersebut dilakukan secara massif di Kota Jambi. Terbukti untuk membuktikan keseriusannya, Pemerintah Kota Jambi menerbitkan Peraturan Wali Kota Jambi (Perwal) Nomor 61 tahun 2019 tentang Pembatasan Penggunaan Kantong Belanja Plastik. Hal tersebut dilakukan Pemerintah Kota Jambi untuk mereduksi timbulnya sampah plastik serta sebagai upaya penyelamatan bumi dari kerusakan lingkungan, akibat sampah plastik.

Ardi mengatakan, pelaksanaan pengurangan penggunaan kantong plastik oleh Pemerintah Kota Jambi merupakan amanat dari UU nomor 18 tahun 2008, Peraturan Pemerintah nomor 81 tahun 2012, dan Peraturan Daerah nomor 8 tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah, Peraturan Wali Kota nomor 54 tahun 2018 tentang Kebijakan Strategis Daerah Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, serta juga amanat dari kebijakan strategis nasional untuk pengurangan timbunan sampah di sumber sampai 30% hingga tahun 2025.

"Banyak juga yang sudah dibawa ke meja hijau akibat tak mengindahkan aturan tersebut," katanya.


Penulis: Amril Hidayat
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments