Senin, 19 April 2021

15 Kilometer Jalan Poros Bahar Selatan Rusak dan Berlumpur, Masyarakat Minta Pemkab Lakukan Pengerasan


Senin, 14 September 2020 | 10:57:40 WIB


Jalan Poros Bahar Selatan Rusak dan Berlumpur
Jalan Poros Bahar Selatan Rusak dan Berlumpur / Sudir/Metrojambi.com

SENGETI - Kurang lebih sepanjang 15 kilometer jalan poros milik kabupaten di Kecamatan Bahar Selatan, Kabupaten Muaro Jambi saat ini kondisinya rusak dan berlumpur.

Jalan tersebut merupakan satu-satunya akses untuk aktivas dan perekonomian masyarakat Bahar Selatan mengeluarkan hasil pertaniannya.

Kepala Desa Bukit Jaya, Khairudin mengatakan, jalan tersebut rusaknya sudah sejak lama. Kondisi saat ini ketika hujan jalannya berlumpur dan musim panas berdebu.

"Tahun 2004 pernah diaspal, masa nupati pak Burhanuddin. Habis itu belum ada lagi," ujar Khairudin.

Ia berharap kepada Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi agar jalan tersebut diperbaiki, setidaknya dengan pengerasan, untuk kenyamanan dan kelancaran masyarakatnya mengeluarkan hasil pertaniannya sudah pernah dikerjakan secara swadaya.

"Dari hasil swadaya ya hanya sementara juga, habis itu rusak lagi. Kita hanya menggunakan cangul bukan alat berat yang penting hasil sawit kami bisa keluar," jelasnya.

Ia juga mengatakan kerusakan yang cukup parah mulai dari Desa Bukit Subur hingga Desa Bukit Jaya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Muaro Jambi, Yultasmi saat dikonfirmasi mengatakan, mereka baru selesai tender material GSL, dalam era new normal ini. Penanganan GSL baru dimulai minggu ini.

"Tetap kami laksanakan berdasarkan schedul dan pertimbangan urutan lokasi kondisi rusak parah di area terdekat dulu guna untuk efisiensi biaya dan mobilisasi alat," jelasnya.

Ia juga menyampaikan secara teknis jalan dalam 11 Kecamatan di Kabupaten Muaro Jambi masih banyak untuk diperbaiki.

"Rencana penanganannya hingga saat ini masih kami lakukan hingga ke seluruh ruas jalan yang secara teknis masih kritis," tutupnya.


Penulis: Sudir Putra
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments