Selasa, 13 April 2021

Tingkatkan PAD, Dewan Dorong Perusahaan di Batanghari Bayar PBB P2


Rabu, 03 Maret 2021 | 16:23:40 WIB


Ketua Komisi II DPRD Batanghari, Muhammad Zaki
Ketua Komisi II DPRD Batanghari, Muhammad Zaki / Metrojambi.com

MUARA BULIAN - Guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Batanghari mendorong perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut untuk membayar PBB P2, yakni pajak kebun masyarakat yang bermitra dengan pihak perusahaan.

Ketua Komisi II DPRD Batanghari, Muhammad Zaki mengatakan, pihaknya sudah melakukan hearing bersama Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Batanghari dalam rangka peningkatan PAD. Ada salah satu sumber pendapatan daerah yang belum tergali, yakni PBB P2.

"Yang selama ini belum tersentuh, untuk pajak PBB P2 ini nantinya kami akan bekerja sama dengan Bakeuda serta pihak perusahaan," ujar Zaki, Rabu (3/3/2021).

Politisi PPP itu menambahkan, nantinya pajak kebun masyarakat yang bermitra dengan perusahaan tersebut kita kepada perusahaan. "Dibebankan kepada pihak perusahaan untuk mengkoordinir pembayaran PBB P2, lahan masyarakat yang bermitra dengan perusahaan," kata Zaki saat ditemui di gedung DPRD Batanghari.

Pihak Bakeuda sendiri, khususnya Bidang Pendapatan, diminta secepatnya untuk mendata kebun masyarakat yang bermitra dengan perusahaan di wilayah Batanghari.

"Dengan menerbitkan SPPT secepatnya, pajak ini bisa ditagih dari perusahaan," tegas Zaki.

Harapan Zaki sendiri, jika ini dilakukan dengan baik maka diperkirakan PAD daerah akan meningkat dari tahun- tahun sebelumnya.

"Sejauh ini, SPPT lahan masyarakat yang bermitra dengan perusahaan belum ada. Langkah awal yakni mendata dan menerbitkan SPPTT itu. Maka pajak itu ke depannya akan masuk langsung ke kas daerah," pungkas Zaki.


Penulis: Chy
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments