Selasa, 13 April 2021

Siapkan 100 Hektare Lahan, Merangin siap Jadi Sentra Bawang Putih


Selasa, 05 Maret 2019 | 22:37:51 WIB


Bupati Merangin Al Haris
Bupati Merangin Al Haris / dok.metrojambi.com

MERANGIN - Pemerintah pusat mempercayai kepada Kabupaten Merangin menjadi sentra bawang putih. Tak tanggung-tanggung, di 2019 ini pemerintah daerah akan menggarap 100 hektare lahan untuk tanaman bawang putih.

Kepala Dinas Pertanian Taman Pangan dan Holtikultura (DPTPH) Kabupaten Merangin, melalui Sekdinnya Mujiburahman mengatakan, saat ini pihaknya sudah mulai menggarap untuk tanaman ini. Karena bawang putih ini merupakan tanaman baru yang dikembangkan di Merangin, Mujiburahman menyebut, yang ada saat ini baru uji coba.

"Tahap awal ini kita coba sekitar 20-an hektare dulu. Jika berhasil, setelah panen nanti akan dikembangkan lagi," kata Mujiburahman, Selasa (5/3).

Pada tahun ini, lanjut Mujiburahman, mereka menargetkan 100 hektare lahan. Lahan tersebut berada di Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin. "Iya sekarang baru di Jangkat," ujarnya.

Sementara Bupati Merangin Al Haris, berharap melalui pengembangan bawang putih ini kesejahteraan para petani akan meningkat. "Ke depan Kabupaten Merangin akan menjadi central bawang putih di Provinsi Jambi," kata Haris.

Ia menjamin, pemasarannya jangan khawatir, karena berapa banyak hasil panen nanti sudah ada pihak yang menampungnya.

"Selama ini kebutuhan bawang putih di Indonesia dari impor berbagai negara. Pemerintah pusat berharap Kabupaten Merangin dan sejumlah kabupaten lainnya bisa memenuhi kebutuhan bawang putih itu, sehingga tidak perlu impor," pungkasnya.


Penulis: Andi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments