Minggu, 11 April 2021

Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung akan Dilanjutkan Tahun Ini


Rabu, 17 April 2019 | 22:14:51 WIB


Varial Adhi Putra
Varial Adhi Putra / istimewa

JAMBI - Kelanjutan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung akan diteruskan tahun 2019 ini. Setidaknya Rp 50 miliar sudah dianggarkan dari Kementerian Perhubungan RI.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Varial Adi Putra. Dikatakannya, dana tersebut bakal dialokasikan tahun ini setelah di tahun 2018 tidak bisa dicairkan.

"Dari Kemenhub sudah teranggarkan 50 miliar. Jadi tetap kita lanjutkan," ujar Varial disela-sela mendampingi Gubernur Jambi saat meninjau TPS Pemilu 2019, Rabu (17/4/2019).

Disampaikan Varial, pembangunan itu diperuntukkan untuk infrastruktur, dan nantinya Pemerintah Provinsi Jambi akan memantau hingga pelabuhan ini berfungsi. "Info terakhir seperti itu. Akan dikerjakan infrastruktur di sisi kiri semacam turap untuk pelabuhan itu," terangnya.

Sedangkan untuk prosesnya sendiri, Varial menyebut sedang dalam proses lelang di Kementerian. Ia menegaskan kegiatan akan dimulai dalam waktu dekat. "pekerjaannya satu tahun begitu juga anggaran tahun ini," sebutnya.

Sementara untuk pekerjaan lainnya, dikatan Varial dari Dinas PUPR Provinsi Jambi juga sudah ada persetujuan pekerjaan akses ke pelabuhan dari Kementerian PUPR RI. "Pekerjaannya jembatan di sungai Rambut sepanjang 600 Meter lebih. Ini sebagai fokus untuk akses jalan ke Pelabuhan," paparnya.

Sebelumnya Varial menyebut untuk Pelabuhan ini saja sudah dialokasikan Rp 200 miliar lebih. Tetapi untuk fisik pekerjaan yang rampung dia belum bisa merincikan. "Itu petugas Kementerian yang tahu, yang jelas kita fokus di Ujung Jabung dibanding Pelabuhan Muara Sabak," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments