Rabu, 19 Mei 2021

Kapolda Cek Kanal di Muaro Jambi untuk Cegah Karhutla


Rabu, 03 Maret 2021 | 07:28:07 WIB


/ Antara

 JAMBI - Kepala Kepolisian Daerah Jambi Irjen Pol A. Rachmad Wibowo melakukan pengecekan kanal di wilayah Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) memasuki kemarau tahun ini.

"Upaya pengecekan kanal dilakukan agar jangan sampai terjadi karhutla lagi pada tahun ini," katanya usai meninjau kanal di Kumpeh, Muaro Jambi, Selasa.

Dalam pengecekan itu, Kapolda Rachmad antara lain didampingi Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto serta Direktur Reskrimsus Kombes Pol Sigit Dany Setiono.

Ia mengatakan pengecekan kanal air itu untuk mengantisipasi karhutla di wilayah Desa Puding, Kecamatan Kumpeh, Muaro Jambi.

"Kita sekarang berada di wilayah Kumpeh, di mana wilayah ini sudah dua kali terjadi kebakaran besar pada tahun 2015 dan 2019,” katanya.

Ia menyebut wilayah itu cukup sulit dijangkau sehingga pencegahan karhutla menjadi lebih penting.

"Untuk itu kita bersama warga saat ini berupaya menjaga tinggi permukaan air tanah, agar tidak turun pada saat musim kemarau datang sehingga airnya bisa membasahi lahan-lahan yang kering di sekitarnya. Bukan cuma di titik ini saja, paling tidak ada delapan tempat yang akan direvitalisasi kanalnya dan kalau kita sudah siap lahan tetap basah itu tidak akan terjadi api," kata Rachmad.

Ia mengingatkan warga agar tidak membakar lahan, baik untuk berladang maupun membuka lahan haru karena rawan terjadinya karhutla.

"Saya juga mengimbau kepada masyarakat yang masuk di wilayah Kumpeh untuk tidak menyalakan api atau membakar, baik itu yang berladang maupun membuka lahan karena hal ini sangat mudah terbakar," katanya.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments