Selasa, 13 April 2021

Kelompok Makanan dan Tembakau Sumbang Deflasi Terbesar di Jambi


Kamis, 04 Maret 2021 | 08:50:58 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi /

 JAMBI - Kelompok makanan, minuman dan tembakau menyumbang deflasi terbesar di Kota Jambi dan Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi nilai penurunan indeks masing-masing daerah sebesar 1,51 persen dan 1,55 persen.

"Pada Februari 2021, Kota Jambi mengalami deflasi sebesar 0,47 persen dan Kota Muara Bungo deflasi sebesar 0,46 persen," kata Kepala BPS Provinsi Jambi Wahyudin di Jambi, Rabu.

Sedangkan laju inflasi tahun kalender Kota Jambi sebesar 0,21 persen dan Kabupaten Muara Bungo sebesar 0,04 persen. Dan inflasi 'year on year' Kota Jambi sebesar 1,70 persen dan Kota Muara Bungo sebesar 1,24 persen.

Deflasi di Kota Jambi terjadi karena penurunan indeks harga pada lima kelompok pengeluaran, yakni kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 1,51 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,11 persen dan kelompok informasi.

Selanutnya, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,82 persen, kelompok rekreasi, olah raga dan budaya sebesar 1,28 persen dan kelompok pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,12 persen.

Sementara deflasi di Kabupaten Muaro Bungo terjadi karena adanya penurunan indeks harga pada tiga kelompok pengeluaran, yakni kelompok makanan, minuman dan tembakau 1,55 persen. Kemudian kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga 0,12 persen dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,97 persen.

"Dalam pembentukan deflasi Kota Jambi sebesar 0,47 persen, andil terbesar berasal dari kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 0,46 persen," kata Wahyudin.

Komoditas utama yang memberikan andil terhadap deflasi yang terjadi di Kota Jambi pada bulan Februari antara lain cabai merah, daging ayam ras, bayam, kangkung, jengkol, telepon seluler, bioskop, emas perhiasan, sawi hijau, dan ikan lele.

Sementara di Kabupaten Muara Bungo komoditas yang memberikan andil terhadap deflasi yang terjadi pada bulan Februari antara lain cabai merah, daging ayam ras, ayam hidup, emas perhiasan, telur ayam ras, ikan tongkol, kentang, petai, jengkol, dan beras.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments