Rabu, 22 September 2021

Kampung Tangguh, Upaya Meminimalisir Dampak Pandemi

Senin, 08 Maret 2021 | 11:13:01 WIB


Program kampung tangguh
Program kampung tangguh / Khairul Fahmi/Metrojambi.com

MUARA BUNGO - Kampung Tangguh merupakan program yang dibentuk oleh Polres Bungo dalam masa pandemi Covid-19 saat ini.

Beberapa tempat dalam wilayah Kabupaten Bungo sudah dilakukan launching sebagai Kampung Tangguh oleh Kapolres Bungo, AKBP Mokhamad Lutfi.

Kapolres menyebutkan, program ini merupakan instruksi langsung Kapolri.

Salah satu kawasan yang sudah diresmikan yakni Kampung Tangguh Budidaya Lobster Ikan Tawar di Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Rimbo Tengah.

"Kita melakukan launching kampung tangguh ini sebagai upaya meminimalisir dampak dari pandemi Covid-19," katanya.

Kampung Tangguh bidang perikanan ini bertujuan untuk meningkatkan prokdutifitas ekonomi kreatif masyarakat. Sehingga dalam kondisi perekonomian yang sulit, masyarakat tetap bisa bertahan dengan adanya produk yang menghasilkan.

"Ini merupakan hal baru dan mendapat dukungan dari pemerintah daerah juga untuk melakukan pengembangan ke depan," ujar Kapolres.

Ia berharap para petani yang ikut dalam melakukan budidaya ikan dan lobster juga ikut menjaga kelestariannya dengan cara melepas beberapa lobster ke habibat aslinya di sungai.

Upaya itu diharapkan mampu meningkatkan keberadaan lobster di sungai-sungai yang ada di wilayah Kabupaten Bungo. "Selain pembibitan mungkin bisa juga dibuat regulasi jika petani sudah berhasil untuk merilis hasil panen ke habitat aslinya," ungkapnya.

Kapolres juga menilai potensi pasaran lobster di Kabupaten Bungo sangat tinggi, karena wilayahnya yang jauh dari laut. "Asalkan petani paham dan pemasarannya tepat," katanya lagi.


Penulis: Khairul Fahmi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments