Selasa, 13 April 2021

Sebaran Pangkalan Gas 3 Kg di Tanjabtim Belum Merata


Senin, 08 Maret 2021 | 11:42:37 WIB


ilustrasi
ilustrasi / dok/metrojambi.com

MUARASABAK - Meski keberadaan pangkalan gas subsidi 3 Kilogram di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) cukup banyak, Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat menilai penyebarannya belum merata.

Kabid Perdagangan Disperindag Tanjabtim Afrinaldi mengatakan, belum meratanya sebaran pangkalan tersebut lantaran jarak antar pangkalan terlalu dekat sehingga tidak menjangkau wilayah ujung.

"Saat inu sebaran pangaklan gas LPG 3 Kg memang belum merata, karena jarak antara pangkalan terlalu dekat. Sedangkan wilayah yang pelosok tidak kebagian," ujar Afrinaldi, Senin (8/3/2021).

Sebaran pangkalan yang belum merata ini kerap berdampak pada kelangkaan di sejumlah wilayah. Selain itu, harga eceran yang seringkali melampaui Harga Eceran Tertinggi (HET) disesuaikan dengan jarak tempuh dan itu menjadi salah satu masalah baru di tengah masyarakat.

"Dengan jarak yang jauh disesuaikan dengan HET, dan menjadi salah satu masalah," sebutnya.

Dikatakannya lagi, jumlah pangkalan yang tercatat resmi di Kabupaten Tanjabtim sebanyak 157 pangkalan yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tanjabtim.

"Bahkan dalam satu desa ataupun kelurahan terdapat Dua hingga Tiga pangkalan yang bertumpuk. Sehingga masyarakat yang tinggal di wilayah ujung kerap tidak kebagian jatah gas," kata Afrinaldi.

Ditambahkannya, rencananya pihak Disperindag Kabupaten Tanjabtim dalam waktu dekat akan melakukan pendataan guna merelokasi lokasi pangkalan gas yang dinilai bertumpuk.

"Jadi akan kita data, dan selanjutnya akan dilakukan relokasi agar tidak bertumpuk," tukasnya.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments