Sabtu, 8 Mei 2021

Tips Terapkan Gaya Hidup Frugal, Bukan Pelit Tapi Hemat


Jumat, 12 Maret 2021 | 15:12:41 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa/blog e-mas


Selanjutnya, manfaatkan promo dan diskon dan terapkan hanya untuk barang yang memang benar-benar dibutuhkan. Cara ini bisa menghemat pengeluaran dan ada sisa uang yang bisa disimpan.

Kemudian, hilangkan keinginan untuk mendapat pengakuan status sosial dari lingkungan atau lebih tren dengan istilah pansos karena ini bukanlah kebutuhan tapi keinginan atau gengsi. Gara-gara hal ini, Anda bisa saja ingin membeli barang-barang yang dianggap penting walau sebenarnya tidak penting.

Misalnya, mengganti gadget berbasis Android menjadi iOS demi ikut aplikasi kekinian. Padahal, informasi bisa didapatkan dari sumber lainnya, seperti discord group, portal berita, Webinar, YouTube, dan Podcast.

"Ketika kita menganggap ekspektasi orang lain atas diri kita terlalu penting sampai membeli barang yang sangat mahal tentunya akan berbahaya bagi kesehatan finansial, kesehatan fisik, dan jiwa. Milenial perlu bijaksana untuk mengetahui perbedaan kebutuhan dan keinginan dan memilah mana yang harus dipenuhi segera dan yang masih bisa ditunda atau dihilangkan. Penuhi saja apa yang kita butuhkan, bukan apa yang orang lain nilai bahwa kita membutuhkannya," pesan Ivan.

Ivan menambahkan, Anda bisa memasukkan asuransi kesehatan sebagai prioritas sebagai upaya melindungi aset terutama untuk kaum milenial.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments