Selasa, 9 Agustus 2022

Sekolah Tatap Muka di Kota Jambi Dimulai Besok

Minggu, 28 Februari 2021 | 16:27:15 WIB


/ Metrojambi.com

JAMBI – Walikota Jambi Syarif Fasha telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 01/HKU/EDR/2021 tentang pembelajaran semester genap tahun pelajaran 2020/2021 pada masa pandemi covid-19 di Kota Jambi.

Dalam surat edaran tersebut disebutkan jika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan Pertemuan Tatap Muka (PTM) peserta didik SMP, SD, PAUD sederajat baik negeri maupun swasta dapat dilaksanakan mulai Senin, 1 Maret 2021.

Dalam surat edaran itu juga disebutkan untuk satuan pendidikan wajib memenuhi daftar periksa kesiapan pembelajaran sesuai dengan SKB 4 menteri. Pembelajaran tatap muka tersebut juga harus dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

Untuk ketentuan kondisi kelas, peserta didik SD dan SMP sederajat pengaturan meja kursi dengan jarak minimal satu setengah meter dan jumlah maksimal 18 siswa dalam satu sesi KBM kelas. Kemudian untuk Paud sederajat pengaturan jarak minimal satu setengah meter dan jumlah maksimal 5 peserta didik dalam satu sesi KBM kelas. Serta SKB dan PKBM pengaturan jarak minimal satu setengah meter dan jumlah maksimal peserta didik 15 orang dalam satu sesi KBM kelas.

Selanjutnya, untuk proses kegiatan belajar mengajar, SD SMP SKB dan PK BM waktu KBM selama 180 menit. Untuk proses kegiatan PAUD waktu KBM nya maksimal 90. Semuanya tanpa jeda istirahat, setelah selesai peserta didik langsung dipulangkan.

Setelah selesai KBM ruang kelas dan sarana prasarana lainnya langsung dibersihkan dengan disemprotkan disinfektan. Sementara itu, khusus kelas VI kelas IX yang memilih pertemuan tatap muka, maka kegiatan belajar mengajar dilaksanakan sepenuhnya secara tatap muka setiap hari mengingat akan memasuki tahapan ujian akhir sekolah.

Selanjutnya perilaku wajib yang dilakukan di lingkungan sekolah yakni, mengecek suhu tubuh tidak melebihi 37,3 derajat Celsius, mengenakan masker yang menutupi hidung mulut dan dagu, cuci tangan dengan air mengalir atau dengan hand sanitizer, menjaga jarak minimal satu setengah meter, menghindari kerumunan menghindari kontak fisik seperti bersalaman dan cium tangan, menerapkan etika batuk dan bersin serta guru dan siswa dilarang melepaskan atau menurunkan makar saat KBM.

Kemudian pengaturan jam masuk untuk SMP dan SD yaitu, kelas IX dan kelas VI pukul 07.50 hingga 10.30 WIB. Untuk Paud masuk pukul 8 hingga 09 45 WIB. Kemudian untuk PNF waktu pelaksanaannya disesuaikan dengan lembaga masing-masing. Pada pembelajaran pagi hari di lakukan aktivitas berjemur selama 15 menit.

Sementara itu, untuk kantin kegiatan olahraga dan ekstrakurikuler di semua jenjang belum dibolehkan.

Kepala Bidang Bina SMP Dinas Pendidikan Kota Jambi, Supardi mengatakan, kegiatan belajar tatap muka tersebut merupakan kebijakan atau aturan dari pemerintah kota jambi untuk kembali membuka sekolah dengan melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Ia mengatakan bahwa sebelum dilakukan kegiatan tatap muka di sekolah pihaknya lebih dulu mengecek langsung ke sekolah. “Mengecek kesiapan sekolah untuk menerapkan protokol kesehatan disekolah, dan semua sekolah sudah siap untuk pertemuan tatap muka disekolah,” ujarnya, Minggu (28/2/2021).


Penulis: Nita
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments