Rabu, 19 Mei 2021

Samsat Kota Jambi Terima Penghargaan Pelayanan Publik dari Kemenpan RB


Senin, 15 Maret 2021 | 15:39:28 WIB


Kepala Samsat Kota Jambi Ariansyah
Kepala Samsat Kota Jambi Ariansyah / Metrojambi.com

JAMBI – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memberikan penghargaan kepada Samsat Kota Jambi, karena berhasil meraih nilai sangat baik dalam pelayanan publik tahun 2020.

Kepala Samsat Kota Jambi M Ariansyah mengatakan, ada 13 provinsi yang menerima penghargaan dari Kemenpan RB karena berhasil meraih nilai sangat baik dalam hal pelayanan publik tahun 2020.

Ariansyah menyebutkan, untuk level provinsi yang dinilai yakni PTSP dan Samsat. Sedangkan untuk kabupaten/kota, yang dinilai adalah PTSP dan Dukcapil.

“Untk kategori Samsat, nilai tertinggi itu adalah A-. Alhamdulillah, Samsat Kota Jambi masuk dalam 13 yang mendapat nilai A-,” ujar Ariansyah, Senin (15/3/2021).

Secara nasional, Ariansyah mengatakan nilai Samsat Kota Jambi berada pada peringkat 7 di bawah Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Jawa Barat, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, dan Sulawesi Utara.

“Peringkat kita masih lebih baik dari Sulawesi Selatan, Jawa Timur, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Bengkulu, dan DIY,” sebut Ariansyah.

Ditambahkan Ariansyah, tahun 2019 Samsat Kota Jambi juga menerima penghargaan pelayanan publik dari Kemenpan RB dengan nilai B.

Dikatakannya lagi, setiap tahun seluruh pelayanan publik di Indonesia dinilai oleh Kemenpan RB. ada enam aspek yang dinilai, yakni kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, SIPP (sistem informasi pelayanan publik), konsultasi dan pengaduan, serta inovasi.

Ariansyah mencontohkan, untuk aspek sarana dan prasarana, pihaknya telah menyediakan fasilitas untuk kaum difable, serta toilet khusus bagi kaum rentan.

Kemudian pada aspek SIPP, Ariansyah mengatakan pihaknya memiliki media sosial instagram yang terkoneksi ke website Samsat Kota Jambi. Lewat media sosial tersebut warga bisa menyampaikan keluhan, saran, maupun pengaduan.

“Untuk aspek inovasi, kami ada program Samsat Go To School dan Samsat Bertandang. Namun untuk saat ini program ini kita stop dulu karena masih pandemi Covid-19. Di bidang inovasi ini kita juga sedang mengupayakan kerja sama dengan Tokopedia,” beber Ariansyah.

Lebih lanjut, Ariansyah menegaskan jika pihaknya tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan publik yang terbaik bagi masyarakat. Selain itu, Ariansyah mengatakan jika pihaknya akan terus berbenah agar nilai pelayanan publik Samsat Kota Jambi tidak turun.

“Kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Dan kami juga terus berbenah, karena penilaian dilakukan setiap tahun. Jika kita pasif saja, tahun depan belum tentu nilai kita masih A-,” pungkasnya.


Penulis: Ikbal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments