Minggu, 19 September 2021

Berikut Tips Merawat Sepeda Motor di Musim Hujan

Jumat, 29 Januari 2021 | 10:04:10 WIB


/ istimewa

JAMBI – Musim hujan yang rutin mengguyur sebagian wilayah di Provinsi Jambi, terkadang membuat kita malas untuk keluar rumah. 

Namun, karena kebutuhan yang harus tetap terpenuhi dan juga aktivitas sehari-hari, kita pun dituntut untuk tetap keluar rumah. 

Bagi kita yang mengandalkan aktivitas menggunakan sepeda motor tentunya harus rajin melakukan perawatan, agar kendaraan roda dua yang menjadi penunjang kegiatan sehari-hari tetap nyaman dikendarai.

Apalagi beberapa ruas jalan yang ada di Kota Jambi banyak yang tidak rata, sehingga kerap menimbulkan genangan air ketika diguyur hujan. 

Jika tidak rutin memeriksa atau membersihkan, kondisi ini tentunya sangat rentan dan bisa membuat tunggangan kesayangan kita bisa cepat rusak.

Saipul, salah satu mekanik di bengkel sepeda motor Ikhsan Jaya Motor milik Ratna Dewi yang berada di Jalan Slamet Riyadi No. 14 Broni, Kelurahan Solok Sipin, Kota Jambi menyebutkan, ada beberapa tips ringan merawat sepeda motor agar tetap awet dan enak dikendarai meski di musim hujan. 

Berikut ini beberapa tips sederhana yang perlu dilakukan dalam merawat sepeda motor ketika musim hujan:

  • Sebelum berkendara, jangan lupa untuk memanaskan mesin sepeda motor. Di tengah cuaca yang dingin dan lembab, kita harus memanaskan mesin motor secukupnya. “Pastikan motor dalam kondisi baik. Contohnya lampu, ban, dan rem apakah berfungsi normal dan masih layak pakai. Ini penting dilakukan,” ujar Saipul.


  • Jika sepeda motor terjebak banjir, kata Saipul, cek kondisi oli mesin apakah tercampur air. Jika warna oli berubah, maka harus cepat diganti dengan oli baru. “Sebab, oli yang berubah warnanya biasanya sudah tercampur air. Jika oli yang sudah tercampur air ini terus digunakan, bisa merusak mesin motor kesayangan,” katanya.


  • Mencuci sepeda motor menggunakan air bersih usai diguyur air hujan. Sebab kandungan zat asam pada air hujan berpotensi mengurangi kilau pada cat yang ada di body sepeda motor. Selain itu, air bersih juga bermanfaat mencegah timbulnya karat di beberapa bagian sepeda motor setelah terkena air hujan.


  • Faktor penting yang juga harus menjadi perhatian pemilik sepeda motor adalah kanvas rem. Jika kanvas rem terkena air akan menggelembung serta mengeras pada saat kering. Untuk itu, selesai motor dicuci, ada baiknya sering-sering menginjak pedal rem agar kanvas kering. Jika tidak rem motor akan terasa keras pada saat menginjak rem. “Sedangkan untuk rem cakram sepeda motor, sebaiknya rajin dibersihkan juga. Sebab, ketika melintas di jalan yang digenangi air, maka kotoran akan menempel pada cakram motor,” ungkap Saipul. 

  • Air hujan yang mengandung zat asam, mampu menimbulkan karat di beberapa bagian sepeda motor, termasuk rantai. Makanya, rantai mesti kembali dikencangkan sesuai standar, rantai juga bisa dilumasi dengan minyak gemuk.


  • Memeriksa tekanan udara pada ban sepeda motor kesayangan kita juga wajib dilakukan setelah menempuh perjalanan yang banyak terdapat genangan air. “Sebab, jika tekanan udara pada ban kurang, tarikan motor jadi berat dan bisa mempercepat ban menjadi tipis,” katanya.


  • Hal lainnya di sepeda motor yang harus menjadi perhatian usai berkendara di musim hujan adalah busi. Setelah mencuci motor, sebaiknya kita mencabut karet penutup busi untuk dibersihkan dengan lap. “Pasalnya, jika busi motor basah, akan mempersulit pengapian ketika motor akan dihidupkan,” ujarnya lagi.


  • Kotoran yang timbul pada saat musim hujan biasanya akan menempel pada bagian knalpot. Jadi, sebaiknya kita juga jangan lupa membersihkan knalpot agar sistem pembuangan pada motor tetap berfungsi dengan sempurna. 

“Selain rajin melakukan perawatan, selama musim hujan jangan lupa menyiapkan jas hujan di bagasi. Kesehatan kita juga perlu dijaga ketika berkendara di musim hujan. Makanya jangan lupa siapkan jas hujan,” terangnya.

Bagi pemilik kendaraan bermotor yang ingin mendapatkan produk perawatan motor yang murah dan berkualitas, bisa berbelanja di Shopee. Saat ini, sedang berlangsung promo Shopee 2.2 Men Sale yang menghadirkan promo Gratis Ongkir XTRA, Flash Sale Rp99, dan COD Gratis Ongkir Rp0 yang dapat membuat belanja jadi lebih irit! 


Penulis: (*)
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments