Minggu, 20 Juni 2021

Penyedia Buku Tabungan Investasi Bodong Share Results Ditangkap di Jawa Timur

Jumat, 19 Maret 2021 | 13:08:07 WIB


/ Istimewa



"Pelaku memiliki hubungan langsung dengan pelaku yang ada di Malaysia. Namun, pelaku Rizki pernah bekerja di Malaysia dan mengetahui pelaku. Saat tersangka berada di Indonesia dihubungi oleh orangtuanya untuk membantu orang yang ada di Malaysia tersebut, " jelasnya. 

Sigit menyebutkan keuntungan pelaku setiap membuka rekening mendapat keuntungan cukup besar. "Dapat untung 8 juta per satu buku tabungan"

Hingga saat ini korban investasi Bodong Share Results terdata sebanyak 385 peserta. Sebagian besar sebanyak 346 peserta berada di Provinsi Jambi dan selebihnya berada di luar provinsi Jambi.  Adapun jumlah kerugian dari seluruh peserta sebanyak Rp2,1 Miliar. 

Sigit menambahkan Share Results merupakan kegiatan money game atau skema ponzi dengan memberikan keuntungan yang tidak wajar. Namun demikian, skema ponzi tergantung sekali terhadap perekrutan anggota baru. Sepanjang masih ada anggota baru yang direkrut maka masih bisa berjalan. 

"Sebetulnya ini semacam metode gali lobang tutup lobang. Ini yg harus dipahami oleh masyarakat. Sehingga suatu ketika piramida yang dibangun semakin besar, semakin audit mencari jumlah anggota baru maka bangunan akan hancur seketika," katanya. 

Ia mengatakan saat ini Polda Jambi telah  berupaya secara maksimal bekerja sama dengan Kemenkumham RI difasilitasi dengan Mabes Polri, mutual legal Assistant dan pemerintah Malaysia baik melalui birokratik chanel atau Interpol Chanel untuk menemukan keberadaan pelaku yang belum tertangkap.


Penulis: Novri
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments