Jumat, 7 Mei 2021

Tips Terapkan Gaya Hidup Frugal, Bukan Pelit Tapi Hemat


Jumat, 12 Maret 2021 | 15:12:41 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa/blog e-mas

JAKARTA - Gaya hidup frugal yakni identik dengan hemat, minimalis dan cermat mengambil keputusan sehingga tidak ada pengeluaran yang berlebihan atau sia-sia bisa menjadi pilihan Anda terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Saat pandemi, cenderung banyak hal yang berubah signifikan. Sebagian Anda dipaksa untuk berhemat dan memiliki dana darurat sebagai jaring pengaman karena hidup yang relatif dekat dengan berbagai risiko seperti kehilangan penghasilan atau sakit Covid-19.

Branding and Communication Strategist MiPOWER by Sequis Ivan Christian Winatha mengatakan, menerapkan gaya hidup frugal berarti Anda memprioritaskan pengeluaran yang penting versus tidak penting. Ini tak berarti Anda bersikap pelit.

Menurut dia, gaya hidup frugal mengutamakan nilai suatu barang atau kualitasnya ketimbang harganya. Contohnya, apabila Anda membeli sepatu baru karena sepatu yang ada sudah rusak maka akan memilih sepatu dari bahan yang tahan lama untuk jangka panjang meskipun harga sedikit lebih mahal, bukan sepatu murah yang hanya bertahan beberapa bulan.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments