Rabu, 23 Juni 2021

Beban Berat CE-Ratu, Haris-Sani Kantongi Modal 10.283 Suara

Rabu, 24 Maret 2021 | 11:08:21 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / istimewa

“Peluang kami menang sangat besar,” tegas Sarbaini. Tingkat partisipasi pemilih, kata dia, menjadi pertimbangan. Kalau partisipasi saat PSU hanya 60 persen saja, lanjutnya, maka itu artinya hanya sekitar 11 ribu pemilih. “CE tidak akan mengambil semua suara itu,” katanya.

Hal lain yang membuat berat beban CE-Ratu adalah keberpihakan para bupati di beberapa daerah yang akan menjalani PSU. Bupati Tanjab Timur Romi Hariyanto dan wakilnya, Robby Nahliansyah, Bupati Muarojambi Masnah Busro dan Bupati Kerinci Adirozal adalah sebagian kepala daerah pendukung Haris.

Ketokohan mereka tidak diragukan lagi dalam mempengaruhi pemilih. Apalagi pasangan Romi-Robby dan Adirozal sudah dua periode memimpin di daerah masing-masing.

Walau sudah menyatakan mundur dari PAN, sejak awal Romi mendukung Haris. Dia mantan Ketua DPD PAN daerah itu. Sedangkan Robby kini memimpin DPD PAN Tanjab Timur, Masnah Busro memimpin DPD PAN Muarojambi dan Adirozal merupakan tokoh senior PAN Kerinci.

Direktur Relawan CE-Ratu, Soni Zainul, menyatakan sangat optimis memenangkan PSU. Dia mengakui bahwa perjuangan CE-Ratu sangat berat, namun tim dan relawan akan solid dan merapatkan barisan. “Tim relawan dan koalisi akan bersatu untuk calon kami,” ujarnya.

Dosen Fakultas Fisipol Universitas Jambi Citra Darminto menyatakan bahwa kedua calon masih sama-sama berpeluang untuk menang. Tentu, kata dia, medan pertempuran di lokasi-lokasi PSU berbeda dari coblosan sebelumnya.

Menurut dia, untuk menang CE-Ratu harus mampu mengumpulkan paling tidak 17 ribu suara dari 88 TPS  yang menggelar PSU. “Mesin politik CE-Ratu harus bekerja keras untuk itu semua,” katanya. Kedua pasang calon, lanjut dia, harus mempertimbangkan angka golput dan mewaspadai potensi money politics.

Pengamat politik Ilham Kurniawan menyatakan, suara mengambang dari kalangan pemilih Fachrori-Syafril akan menentukan suara Haris-Sani dan CE-Ratu. Tinggal strategi masing-masing calon merebutnya. Menurut dia, partisipasi pemilih pada PSU nantinya bisa aja meningkat.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments