Minggu, 20 Juni 2021

PSU Dijadwal 5 Mei, Jadi Ajang Uji Pengaruh Masnah vs Ivan

Senin, 29 Maret 2021 | 10:06:57 WIB


iilustrasi
iilustrasi / dok/metrojambi.com

Pertarungan tinggal antara Haris-Sani dan CE-Ratu. Peran Bupati Masnah menjadi penting karena sebagai penguasa DPD PAN Muarojambi, dia adalah pendukung Haris-Sani. Sedangkan Ivan, anggota DPRD Provinsi Jambi, adalah Ketua DPD II Golkar Muarojambi, pendukung CE-Ratu.

Masnah dan Ivan pernah bertarung di Pilkada Muarojambi 2017 lalu. Berpasangan dengan Bambang Bayu Suseno (BBS), Masnah memenangkan pertarungan dengan 76.825 suara (40,09 persen).  Sementara Ivan Wirata yang berpasangan dengan Dodi Sularso memperoleh 62.627 suara (32,68 persen).

Lebih dari itu, kedua politisi ini digadang-gadang untuk kembali bersaing pada Pilkada 2024 nanti. Makanya, PSU menjadi ajang ujian keduanya. 

Menurut Citra, dunia politik memang kerap kali diidentikkan dengan ketokohan. Seseorang dengan kharisma tinggi akan menjadi sentral untuk menarik apresiasi dan dukungan rakyat. PSU, kata dia, akan menjadi ajang pembuktian apakah Ivan dan Masnah masih diterima publik.

Namun, kata dia, di sisi lain pertarungan figur ini bisa membuat perkembangan gerbong partai politik tidak sehat.  Partai, menurut dia, tidak hanya bisa mengandalkan figur, tetapi juga antara lain ditentukan oleh ideologi dan program-program partai.

Hanya saja, waktu yang singkat yang memungkinkan kedua kandidat sangat diandalkan.

"Menurut saya, yang perlu dikejar oleh kedua pasangan calon gubernur adalah menggaet pemilih berdasarkan faktor sosiologis dan psikologis. Salah satunya ya melalui tokoh yang berpengaruh di balik masing-masing calon," katanya lagi.

MK memberi waktu 60 hari bagi KPU Provinsi Jambi untuk menggelar PSU. Ada opsi untuk menggelar antara Rabu, 5 Mei 2021 atau mundur pada Juni 2021. 

"Tadi kita sudah rakor dengan KPU RI, kemungkinan PSU Pilgub Jambi 5 Mei 2021. Setelah PSU, ada dua hari untuk merekap di kecamatan, dua hari di kabupaten dan dua hari rekap di provinsi," ujar Apnizal, komisoner KPU Provinsi Jambi kepada Metro Jambi, Minggu (28/3). 


Penulis: ria/sdp
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments