Rabu, 16 Juni 2021

Bapemperda DPRD Kota Jambi Berkomitmen Realisasikan Perubahan UU Ciptaker

Selasa, 30 Maret 2021 | 21:49:08 WIB


/ Metrojambi.com

 JAMBI - Bapemperda DPRD Kota Jambi melakukan koordinasi dengan Kabag Hukum Setda Kota Jambi dalam rangka menindaklanjuti Surat Kemendagri Nomor: 188/1518/0TDA perihal Identifikasi Perda dan Perkada tindak lanjut UU Nomor: 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, dengan telah di terbitkan Surat Edaran Walikota Jambi Nomor : HKM. OS/458/2021.

Hal tersebut dilaksanakan bertujuan agar pemerintah daerah segera melakukan identifikasi Perda atau Perkada, disesuaikan dengan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Serta untuk percepatan penyesuaian seluruh materi Perda yang sudah ditetapkan.

Rapat tersebut dilaksanakan di ruang Bapemperda DPRD Kota Jambi, Selasa, (30/3/2021).

Ketua Bapemperda DPRD Kota Jambi Kemas Faried Alfarelly mengatakan, pihaknya mendorong agar seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk segera melakukan identifikasi perda atau perkada masing-masing.

"Akan memfasilitasi, melalui DPRD Kota Jambi akan memanggil seluruh OPD yang ada di Pemerintah Kota Jambi untuk mengidentifikasi perda yang harus disesuaikan dengan regulasi baru yakni Omnibuslaw," ujarnya.

Dikatakannya lagi, ada 45 peraturan pemerintah dan 4 Perpres yang tercantum, harus direvisi serta dibuat baru dengan disederhanakan melalui Perkada.

"Kita tidak tahu Lerda apa saja yang telah dibuat OPD, nah hari Senin akan coba panggil. Kita fasilitasi silahkan para OPD mengidentifikasi perda yang mereka miliki dan disesuaikan dengan peraturan cipta kerja," jelasnya.

Kemudian, setelah nantinya ada kesepakatan, akan diberikan waktu untuk mengidentifikasinya. "Kalau misalnya mereka minta waktu satu minghu, maka setelah seminggu itu kita bikin fakta integritas terkait komitmen mereka untuk menyelesai revisi itu," ujar Faried.


Penulis: Nita
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments