Senin, 10 Mei 2021

Dinas Perkim Tanjabtim Kekurangan Petugas Pelayanan LPJU


Rabu, 31 Maret 2021 | 14:35:38 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MUARA SABAK - Pelayanan lampu penerangan jalan umum (LPJU) di bawah naungan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) masih terkendala dengan jumlah petugas di lapangan.

Kepala Dinas Perkim Tanjabtim Adil P Aritonang mengatakan, petugas di lapangan hanya ada lima orang. Alhasil, jika ada kerusakan LPJU pihaknya tidak mengetahui, dan penanganannya pun menjadi lambat.

"Kita tidak bisa memantaunya karena keterbatasan petugas. Jadi, peran masyarakat lah yang bisa membantu kami di lapangan," kata Adil, Rabu (31/3/2021).

Terkait kerusakan LPJU sendiri, Adil mengatakan masyarakat bisa langsung melaporkannya ke pemerintah kecamatan, kelurahan, atau desa, baik secara tertulis maupun lisan.

"Peran masyarakat sangat penting, karena cakupan wilayah Tanjabtim ini terlalu luas kalau hanya kami yang memantaunya. Laporkan saja ke kami, dan kami akan menindak lanjutinya," ujarnya.

Lebih lanjut, Adil mengatakan tahun ini untuk pemasangan LPJU seluruh kecamatan tetap dianggarkan walaupun tidak banyak. Jumlahnya bervariasi sekitar 10 sampai 20 titik per kecamatan, dengan diupayakan dibagi merata.

"Kalau tidak salah sekitar 300 titik lokasi yang akan dibangun LPJU tahun 2021 ini. Ada yang 10 titik dan ada yang 20 titik per kecamatan. 100 meter itu 2 titik, jadi kalau 1 Km 20 titik. Sebenarnya Satu paket itu hanya 2 Km saja, kalau lebih dari itu listriknya menjadi lemah," tutupnya.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments