Minggu, 11 April 2021

Pansus Sebut Ada Kepala OPD Tidak Ketahui Aset


Kamis, 01 April 2021 | 14:15:59 WIB


Pansus I DPRD Kota Jambi ketika melakukan pembahasan
Pansus I DPRD Kota Jambi ketika melakukan pembahasan / istimewa

JAMBI - Pansus I DPRD Kota Jambi tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah yang diketuai oleh Sutiono saat ini sedang dalam pembahasan terus. 

Sutiono mengatakan saat ini sedang mengoptimalisasikan peran serta dalam OPD terkait yang menggunakan barang milik daerah.

Dikatakannya ada kepala OPD yang tidak mengetahui aset apa saja yang menjadi tanggung jawabnya. 

"Ini yang kami sesalkan, ada kadis yang tidak tau aset milik daerah yang ada di OPD nya. Sementara di PP 28 Tahun 2020 bahwa barang milik daerah harus dikuasai penuh pengelolaannya," ujarnya. Ditegaskannya, OPD harus mengetahui barang milik daerah harus mengetahui aset apa yang dikelolanya.

"Misalnya barang bergerak dan barang tidak bergerak. Ini saja tidak tahu apalagi yang sifatnya barang abis," tandasnya. 

Dikarenakan, OPD berperan serta dalam pembahasan Pansus I tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah. "Tentang penatausahaannya, pengakuntansiannya, pencatatannya, cara penggunaannya, pengelolaannya seperti apa. Karena semangat di perda itu disitu di pasal 12 itu," kata Sutiono. 

Kemudian Sutiono mengharapkan OPD harus tau kekayaan barang milik daerah kota Jambi. "Paling tidak menguasai dengan mengetahui dululah kekayaan barang milik daerahnya apa," pungkasnya. 

Sementara itu, Pansus I telah memanggil sejumlah OPD yakni Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas PUPR, Dinas Perkim, Dinas DLH dan Dukcapil.


Penulis: Nita
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments