Selasa, 13 April 2021

Server Dinas Dukcapil Tanjabtim Rusak Disambar Petir, Pelayanan Tutup Sementara Waktu


Rabu, 07 April 2021 | 11:23:35 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MUARASABAK - Server milik Dinas Dukcapil Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) rusak akibat disambar petir. Akibatnya, pelayanan di Dinas Dukcapil harus ditutup sementara waktu.

Sekretaris Dinas Dukcapil Tanjabtin Ambo Ali membenarkan hal itu. Akibat dari kerusakan server tersebut, Ambo Ali mengatakan pihaknya menutup sementara pelayanan administrasi kependudukan yang dimulai pada Selasa (6/3) kemarin sampai dengan waktu yang belum ditentukan.

"Untuk sampai kapan pelayanan akan dibuka kembali, tergantung jika servernya sudah diperbaiki dan bisa digunakan kembali," kata Ambo Ali, Rabu (7/4).

Dijelaskannya, sebenarnya sayang jika pelayanan kependudukan ditutup, karena kasihan masyarakat yang sudah datang jauh-jauh tapi tidak bisa terlayani. Namun, jikalau masyarakat yang datang hanya untuk memasukan berkas dokumen, pihaknya tetap akan melayani, tapi kalau untuk prosesnya belum bisa.

"Kasihan melihat masyarakat yang tidak bisa dilayani. Tapi kalau masyarakat ingin memasukan berkas masih bisa, tapi proses pembuatannya belum bisa, karena semua pengurusan administrasi kependudukan semuanya sistem online," jelasnya.

Selanjutnya, Dinas Dukcapil Kabupaten Tanjabtim akan menyurati pihak kecamatan, kelurahan dan desa, jika server mengalami kerusakan. Jadi pihak pemerintah setempat lah yang akan menyampaikan kepada masyarakatnya.

"Dengan tujuan, masyarakat tidak kecewa saat datang ke kantor. Jadi pemerintah setempat terlebih dahulu menyampaikannya," terangnya.

Ambo Ali menambahkan, pihaknya juga sudah membawa server tersebut ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanjabtim, tapi tidak bisa juga. Saat ini pihaknya sedang berupaya memperbaikinya.

"Kita tidak tahu sampai kapan server itu bisa bagus. Kalau beli baru harganya sangat mahal," tutupnya.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments