Minggu, 11 April 2021

Pembangunan Empat Sekolah Baru Gagal


Rabu, 07 April 2021 | 14:05:17 WIB


Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jambi Bukri.
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jambi Bukri. / Antara/Muhamad Hanapi

JAMBI - Rencana pembangunan empat unit sekolah baru (USB) oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jambi pada tahun ini tampaknya gagal terealisasi. Ini lantaran anggaran USB yang sudah disiapkan kembali di-refocusing untuk penanganan Covid-19.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Pendidikan tahun ini berencana membangun empat unit sekolah baru, yakni 1 di Kota Jambi, 1 unit di Kabupaten Tebo, 1 unit di Kabupaten Merangin, dan 1 unit di Kabupaten Kerinci.

Penambahan USB ini sebelumnya diharap mampu mengatasi persoalan daya tampung siswa di SMA Negeri pada saat proses penerimaan siswa didik baru (PPDB).

"Sebelumnya di APBD kita itu ada anggaran empat USB, tapi sepertinya gagal ke empat-empatnya karena adanya refokusing," ujar Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Bukri, Rabu (7/4).

Menurut Bukri, anggaran yang di-refocusing dari Dinas Pendidikan untuk penanganan Covid-19 tahun 2021 ini lebih kurang sebanyak hampir Rp 6 miliar.

Untuk mengantisipasi dan menambah daya tampung SMA Negeri saat PPDB nantinya terutama di kota Jambi, maka tahun ini Disdik tetap melakukan penambahan ruang kelas baru (RKB).

"Ada 17 ruang kelas baru dibangun terutama di Kota, saat ini sedang berjalan," katanya.


Penulis: Achy
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments