Senin, 12 April 2021

Jadi Tuan Rumah MTQ Tingkat Provinsi, Wabup Tanjabbar: Peserta Impor akan Didiskualifikasi


Rabu, 07 April 2021 | 17:20:20 WIB


Wakil Bupati Tanjabbar Hairan
Wakil Bupati Tanjabbar Hairan /

JAMBI- Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) akan menjadi tuan rumah ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Jambi tahun 2021 ini. Saat ini, berbagai persiapan terngah dilakukan oleh pemerintah daerah untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Wakil Bupati Tanjabbar Hairan mengatakan, nantinya akan ada sejumlah aturan yang diterapkan bagi setiap daerah. Salah satunya adalah pelarangan penggunaan peserta impor, dan jika kedapatan akan didiskualifikasi.

“Terkait adanya peserta impor, akan kita diskualifikasi. Ini merupakan komitmen bersama walaupun ini merupakan permasalahan klasik yang sering dilakukan. Jika katahuan ada peserta dari luar daerah maka panitia akan mendiskualifikasi,” tegas Hairan saat dikonfirmasi, Rabu (7/4/2021).

Dikatakan Hairan, peserta dari luar Jambi tidak dibenarkan. Nantinya, kata Hairan, peserta yang dikirimkan setiap daerah akan dapat dilacak melalui nomor induk kependudukan (NIK).

“Melalui NIK sudah ketahuan. NIK Capil pulau Jawa dan Sumatera itu tidak sama. Karena NIK itu satu untuk seumur hidup,” kata Hairan.

Lebih lanjut, Hairan mengatakan saat ini Pemkab Tanjabbar tengah mempersiapkan tempat pemondokan kafilah serta arena yang akan dijadikan tempat perhelatan ajang MTQ tingkat Provinsi Jambi.

Untuk jadwal pelaksanaan, Hairan mengatakan kepastiannya diserahkan kepada Pemprov Jambi dengan estimasi pada 23-30 September 2021. “Karena secara geografis daerah Tanjabbar ada pasang surut maka dari itu, pelaksaanan diperkirakan pada September,” pungkasnya.


Penulis: Achy
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments