Minggu, 11 April 2021

Jelang Puasa, Harga Bahan Pangan di Jambi Stabil


Kamis, 08 April 2021 | 16:45:07 WIB


Pj Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni bersama Satgas Pangan Provinsi Jambi saat mengecek harga bahan pangan di Pasar Angso Duo, Kamis (8/4/2021)
Pj Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni bersama Satgas Pangan Provinsi Jambi saat mengecek harga bahan pangan di Pasar Angso Duo, Kamis (8/4/2021) / Metrojambi.com

 JAMBI - Jelang puasa Ramadhan tahun ini, harga bahan pangan di Jambi relatif stabil. Hanya cabai rawit dan daging sapi segar yang mengalami sedikit kenaikan harga.

Hal ini diketahui dari hasil inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Angso Duo Jambi yang dilakukan Penjabat Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni bersama Forkopimda dan Satgas Pangan Provinsi Jambi, Kamis (8/4/2021).

Hari Nur mengatakan, pengecekan ini dilakukan untuk menjaga stabilitas harga bahan pangan sebelum memasuki dan selama bulan suci Ramadhan.

Dari pantauan harga di pasar oleh tim Satgas Pangan untuk harga cabai merah keriting, cabai rawit hijau, bawang merah, bawang putih, ayam potong broiler dan telur ayam broiler masih stabil. Untuk harga cabai merah dijual pedagang Rp 50 ribu per kilogram, hanya cabai rawit 'setan' yang naik dari Rp 95 ribu per kilogram menjadi Rp 100 ribu per kilogram.

Sedangkan harga daging segar sapi disaat menjelang puasa tidak mengalami sedikit kenaikan sehingga untuk harga daging masih jadi fokus utama, namun kita harus memperhatikan jangan sampai harganya naik pas dihari bulan puasa Ramadhan nanti terua naik.

Hari Nur mengatakan, sapi atau kerbau saat ini untuk pasokan ke Jambi masih dari Provinsi Lampung. Untuk daging segar harga saat ini mengalami sedikit kenaikkan Rp 20 ribu atau dari Rp 110 ribu menjadi Rp 130 ribu per kilogram sedangkan ayam potong broiler stabil dijual Rp 33 ribu per kilogram.

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirrekrimsus) Polda Jambi Kombes Pol Sigit Dany Setiyono mengatakan, dari hasil pantauan untuk harga bahan pokok masih cukup stabil secara umum dan pasokannya juga cukup serta kesedian beras di Bulog juga masih terjamin termasuk jenis pangan lainnnya.

Sigit juga mengatakan, apabila ada distributor atau pengecer yang nakal atau menyimpan atau menimbun bahan pokok, dari Polda Jambi sebagai anggota Satgas Pangan akan melakukan penegakan hukum namun itu jalan alternatif terakhir.

"Tugas kami dari Kepolisian masih mengutamakan melakukan pengawasan monitoring dan tidak ada pelanggaran penyimpangan baik dari distributor dan pengecer," kata Sigit didampingi Kasubdit I Indagsi Ditreskrimsus Polda Jambi AKBP Yuyan Priatmaja.

Dua pekan sebelumnya, Tim Satgas Pangan Jambi dipimpin Sekdaprov Jambi, Sudirman dan perwakilan dari kepolisian, Kasubdit I Indagsi Ditreskrimsus Polda Jambi AKBP Yuyan Priatmaja juga telah melakukan pemantauan harga dan menjaga pasokan bahan pangan di pasar tradisonal Jambi.

Tim satgas Jambi tidak menemukan adanya penumpukan atau penimbunan bahan pokok ditingkat distributor atau agen maupun pengecer yang memasok kepada pada para pedagang di Pasar Angso Duo dan pasar tradisional lainnya.


Penulis: Novri/Ant
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments