Sabtu, 15 Mei 2021

Pemprov Jambi Genjot Capaian Vaksinasi Lansia dengan Vaksinasi Secara Massal


Jumat, 09 April 2021 | 16:18:56 WIB


Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah
Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah / dok/metrojambi.com

JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi mempercepat capaian vaksinasi terhadap lansia dengan melakukan vaksinasi secara massal di 11 kabupaten dan kota.

“Saat ini capaian vaksinasi terhadap lansia untuk penyuntikan dosis pertama mencapai 22,97 persen,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Jambi Johansyah, Jumat.

Dari 54.707 lansia yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 di daerah itu, 12.567 orang telah divaksinasi untuk dosis pertama, sedangkan capaian vaksinasi dosis ke dua terhadap lansia di daerah itu baru mencapai 2,20 persen atau 1.202 orang.

Percepatan capaian vaksinasi terhadap lansia tersebut dilakukan secara masal. Lansia yang menjadi sasaran vaksinasi di kumpulkan di satu tempat, barulah dilakukan vaksin secara masal oleh petugas.

Di Kabupaten Batanghari, Dinas Kesehatan setempat bekerja sama dengan TNI-Polri melakukan percepatan vaksinasi terhadap lansia, salah satunya bekerja sama dengan Polres Batanghari, dimana lansia di kumpulkan di ruang pola Polres Batanghari dan dilakukan vaksinasi masal lokasi tersebut.

Tidak hanya di Polres Batanghari, vaksinasi secara masal terhadap lansia turut dilaksanakan di kecamatan-kecamatan. Bekerja sama dengan babinsa, petugas kesehatan menjemput lansia dan mengumpulkannya di satu lokasi, ada yang dikumpulkan di kantor camat dan ada yang di kumpulkan di balai desa.

“Vaksinasi terhadap lansia kami lakukan secara masal. Secara gografis wilayah Batanghari cukup luas, sehingga lansia yang sulit dijangkau dikumpulkan di satu lokasi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari dr Elvi Yennie.

Capaian vaksinasi terhadap pelayan publik di daerah itu saat ini sudah melebihi target, yakni sudah mencapai 100,50 persen atau 42.146 orang dari target sasaran 41.936 orang. Untuk capaian vaksinasi dosis ke dua terhadap pelayan publik di daerah itu baru mencapai 42,83 persen atau sebanyak 17.961 orang.

Untuk vaksinasi tahap dua, Pemerintah Provinsi Jambi telah menerima distribusi vaksin sebanyak 18.890 vial. Vaksin tersebut terdiri dari 18.640 vial Vaksin Sinovac dan 250 vial vaksin AstraZeneca. Khusus yang 250 vial vaksin AstraZeneca tersebut akan digunakan untuk vaksinasi TNI-Polri.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments