Selasa, 30 November 2021

Konvergensi di Wilayah Tengah dan Timur Jambi Sebabkan Cuaca Ekstrem

Jumat, 09 April 2021 | 08:42:49 WIB


Update peringatan dini Cuaca Provinsi Jambi. Konvergensi di wilayah tengah dan timur Jambi sebabkan cuaca ekstrem
Update peringatan dini Cuaca Provinsi Jambi. Konvergensi di wilayah tengah dan timur Jambi sebabkan cuaca ekstrem / Antara/HO/BMKG Jambi

 JAMBI - Konvergensi atau pertemuan angin di wilayah Provinsi Jambi bagian tengah dan timur menyebabkan cuaca ekstrem di daerah itu dalam sepekan terakhir.

"Cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari ini di Jambi disebabkan adanya pertemuan angin di wilayah tengah dan timur," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Jambi Annisa Fauziah di Jambi, Kamis.

Dijelaskan Annisa, saat ini Provinsi Jambi masih dalam periode musim penghujan ataumasa peralihan dari musim penghujan ke kemarau.

Musim kemarau tahun 2021 di Provinsi Jambi secara umum diprediksi jatuh pada bulan Juni 2021. Namun tidak semua daerah di Jambi musim kemarau jatuh pada bulan Juni, sebagian wilayah Kabupaten Kerinci, Bungo, dan Tebo mulai kering pada akhir Mei 2021.

Sehingga jika terjadi konvergensi maka berpotensi menyebabkan cuaca ekstrem, yakni  turun hujan dengan intensitas tinggi yang  dengan angin kencang dan petir.  Masyarakat diimbau untuk waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

"Biasanya terjadi pada sore, malam dan dini hari hampir di seluruh wilayah Provinsi Jambi," kata Annisa Fauziah.

Masyarakat diimbau waspada terhadap dampak yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, longsor dan berkurangnya jarak pandang. Hindari areal terbuka dan berlindung di bawah pohon ketika terjadi petir dan angin kencang.

Selain itu diharapkan masyarakat terus memantau perkembangan cuaca melalui media sosial sebab sewaktu-waktu cuaca dapat berubah. Masyarakat dapat mengunduh aplikasi BMKG di plasystore dan appstorre, atau follow instagram @bmkg_jambi.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments