Senin, 17 Mei 2021

Tips Kesiapan untuk Divaksin


Jumat, 26 Maret 2021 | 10:56:22 WIB


ilustrasi vaksinasi
ilustrasi vaksinasi / istimewa

JAKARTA - Memasuki bulan ketiga vaksinasi COVID-19 pada periode Februari sampai Maret 2021, Kementerian Kesehatan menargetkan kaum lanjut usia (lansia) dan pelayan publik sebagai kelompok sasaran penerima vaksin.

Hingga saat ini, sudah sekitar 6 juta masyarakat Indonesia yang menerima vaksin dosis pertama dan sekitar 2,5 juta orang yang sudah menerima vaksin dosis kedua.

Namun, laporan Kementerian Kesehatan per 21 Maret 2021 menunjukkan masih ada peserta yang sudah terdaftar harus tertunda proses vaksinasi dikarenakan kondisi kesehatan yang belum memenuhi syarat untuk menerima vaksin.

Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dr Reisa Broto Asmoro mengemukakan bahwa hanya beberapa puluh negara yang memulai vaksinasi dari 200 lebih negara yang ada di dunia.

Vaksin telah terbukti melindungi manusia dari berbagai macam jenis penyakit menular, bahkan dapat menghilangkan beberapa penyakit di Indonesia, contoh kesuksesan vaksinasi adalah polio dan cacar varicella.

Untuk itu, ia menyarankan tiga langkah inti sebagai persiapan bagi calon peserta penerima vaksin agar proses berjalan lancar serta membawa dampak yang optimal.

“Vaksin dapat menyelamatkan nyawa. Vaksin selama ini telah terbukti dapat melindungi kita dari berbagai penyakit menular. Vaksin COVID-19 yang digunakan pada masa darurat pandemi efektif mengurangi risiko infeksi berat dan fatal dari COVID-19. Jadi, persiapkan diri sebaik mungkin untuk mendapatkan dampak yang optimal, yakni tercipta kekebalan tubuh semaksimal mungkin,” katanya.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments