Rabu, 12 Mei 2021

Diduga Informasi Bocor, Razia Lapas Bungo Tak Membuahkan Hasil


Kamis, 08 April 2021 | 11:57:37 WIB


Razia di lapas Bungo
Razia di lapas Bungo / Fahmi/Metrojambi.com

MUARA BUNGO - Tim Gabungan dari TNI, Polri, BNNK dan Petugas Lapas melakukan razia ke seluruh kamar hunian warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Muara Bungo, Selasa (6/4/2021) malam.

Namun informasi mengenai razia yang digelar dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57 itu diduga bocor. Alhasil, razia tersebut tidak membuahkan hasil berarti.

Informasinya, petugas hanya menemukan barang-barang bawaan warga binaan yang tidak begitu membahayakan seperti gelas, sendok, kartu remi, cukur kumis, kuas cet, dan beberapa barang lainnya.

Pantauan di lapangan, barang yang membahayakan hanya pisau kater, paku, obeng. Selain itu, petugas juga menemukan beberapa aksesoris handphone seperti casing, baterai, cas hp dan sebagainya, sementara handphone tidak ditemukan.

Kepala Lapas Klas IIB Muara Bungo Ridha Ansari membantah jika sidak atau razia ini dilakukan hanya seremonial atau setingan belaka.

Menurut dia, razia yang dilakukan oleh tim Lapas bukan hanya satu kali ini saja, namun kegiatan razia ini dilakukan secara rutin.

Untuk barang-barang yang ditemukan, seperti casing hp, cas, baterai dan benda-benda terlarang lainnya, dia menyebut jika nanti mereka akan memanggil dan memeriksa blok-blok dimana ditemukannya barang tersebut.

Terkait tidak dibolehkannya awak media masuk mengikuti tim yang masuk kedalam lapas, Ridha menyebut jika itu merupakan instruksi dari atasannya langsung.

"Kita enggak mau terjadi hal yang tidak diinginkan. Memang tidak sekarang, tapi takut nanti, nanti bisa viral," ungkapnya.


Penulis: Khairul Fahmi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments