Rabu, 4 Agustus 2021

Ini Ketetapan Awal Ramadhan 1442 Hijriah Versi Pemerintah dan Muhammadiyah

Senin, 12 April 2021 | 10:10:07 WIB


Kakanwil Kemenag Jambi Muhamad
Kakanwil Kemenag Jambi Muhamad / Metrojambi.com

JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi dalam menentukan penetapan awal puasa Ramadhan 1442 Hijriah merujuk kepada sidang isbat yang akan digelar Kementerian Agama (Kemenag), dengan berpedoman pada hasil pemantauan Rukyatul Hilal.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jambi Muhamad mengatan, pemantauan hilal akan dilakukan Senin (12/4/2021) sore nanti. Pihaknya, kata Muhamad, juga akan melakukan pemantauan hilal di Hotel Odua Weston Jambi.

"Kalau penetapan kita merujuk kepada ketetapan sidang isbat. Hari ini pemantauan hilal," ujar Muhamad.

Adapun pelaksanaan pemantauan Rukyatul Hilal Awal 1 Ramadan 1442 H tersebut pada pukul 16.30 wib. Mengingat pandemi covid-19, pelaksanaan tersebut secara terbatas yang hanya dihadiri perwakilan Tim Hisab Rukyat, Ormas Islam, BMKG, Pengadilan Tinggi Agama dan perwakilan dari media.

"Karena kondisi pandemi covid 19, kami akan memfasilitasi kegiatan tersebut melalui siaran live streaming humas TV di channel Youtube : Kanwil Kemenag Jambi dan Facebook : Kementerian Agama Jambi," tutup Muhamad.

Sementara itu, penetapan 1 Ramadhan versi Muhammadiyah Provinsi Jambi, merujuk pada Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 01/MLM/1.0/E/2021 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal dan Zulhijah 1442 Hijriah.

Ketua PW Muhammadiyah Provinsi Jambi H. Suhaimi Chan mengatakan, 1 Ramadhan jatuh pada Selasa 13 April 2021, sementara 1 Syawal jatuh pada Kamis 13 Mei 2021.

"Penetapan berdasarkan maklumat pimpinan pusat Muhammadiyah yang mana puasa ramadhan ditetapkan pada tanggal 13 April, Insya Allah pelaksanaan shalat tarawih hari ini, Senin 12 April 2021, " ujarnya.

Suhaimi juga mengimbau kepada seluruh umat islam yang ada di wilayah Provinsi Jambi agar tetap mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 serta menjaga keamanan dalam beribadah.

"Tetap mematuhi dan mengedepankan protokol kesehatan demi keamanan dan kenyamanan dalam beribadah," tandasnya.


Penulis: Achy
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments