Jumat, 18 Juni 2021

KMP Surya 777 Tambah Armada Kapal Penyeberangan Kuala Tungkal-Batam

Selasa, 13 April 2021 | 20:50:52 WIB


Bupati Tanjabbar Anwar Sadat saat menyaksikan uji sandar KMP Surya 777 di Pelabuha Roro Kuala Tungkal, Selasa (13/4/2021)
Bupati Tanjabbar Anwar Sadat saat menyaksikan uji sandar KMP Surya 777 di Pelabuha Roro Kuala Tungkal, Selasa (13/4/2021) / Metrojambi.com

 KUALA TUNGKAL - Uji sandar KMP Surya 777 yang dilakukan di Pelabuhan Roro, Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) berhasil dilakukan, Selasa (13/4/2021).

Bupati Tanjabbar Anwar Sadat berharap dengan ditambahnya kapal tersebut dapat mendorong perekonomian di Jambi, khususnya Tanjabbar.

Anwar mengatakan, saat ini ada dua armada kapal yang akan melayani masyarakat Jambi, khususnya Tanjabbar ke Batam dan sekitarnya. Pertama KM Satria Pratama dan KMP Surya 777. Disebutkan Anwar, KMP Surya 77 sangat representatif untuk melayani penumpang dari Tanjabbar ke Batam.

"Penambahan satu armada ini saya kira sangat prospek untuk menggenjot ekonomi Tanjabbar," sebut Anwar.

Apalagi setahun ini masyarakat di Indonesia termasuk Tanjabbar mengalami dampak yang serius dari pandemi Covid-19. "Saya kira kapal ini dapat menampung hasil pertanian, perkebunan untuk dibawa keluar Tanjabbar," ujarnya.

Anwar juga menyebutkan jika kapal tersebut tidak hanya melayani angkutan barang dan jasa. Ia berharap adanya kapal tersebut dapat merangsang perekonomian yang di Tanjabbar.

"Untuk bergeliat perekonomian, kapal ini dapat membawa kapal kapal truk yang besar membawa hasil pertanian ke Batam dan ini langkah strategis," ucapnya.

Dikatakannya lagi, dengan bersandarnya KMP Surya 77 Tere Tanjabbar menjadi salah satu Wilayah yang representatif untuk melayani perdagangan di Indonesia.

"Mobil bermuatan 15 ton bisa ke sini, kita juga bisa menampung 250 penumpang. Baik VIP maupun ekonomi," ujarnya.

Anwar juga menyebutkan, fasilitas yang ada di kapal tersebut sangat mendukung perjalanan. Ada tempat medis, Mushola dan tempat istirahat khusus sopir serta ada kantin.

"Kapal tersebut juga memenuhi protokol kesehatan yang ada dan ini arahan dari pak Jokowi protokol kesehatan," tandasnya.

Direktur KMP Surya 777 Johan mengatakan, kapal tersebut memiliki fasilitas yang sangat nyaman. Dari sisi medis ada klinik ada musholla dan ruang menyusui bagi ibu ibu yang melakukan perjalanan dengan membawa balita.

"Semua fasilitas ada ada poli klinik dan fasilitas pendukung lainnya," kata Johan.

Kapal ini nanti akan melayani perjalanan  dalam seminggu dua kali. Jika ada mengalami kenaikan maka rute akan di tambah. "Sementara Rabu Jumat, kalau penumpang terus naik dan minat tinggi akan kita tambah rute perjalanannya," tutupnya.


Penulis: Eko Siswono
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments