Kamis, 9 Desember 2021

Kemenag Jambi Belum Bisa Pastikan Keberangkatan Jamaah Haji

Rabu, 21 April 2021 | 10:37:35 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / istimewa

JAMBI– Kabar baik untuk calon jamaah haji yang gagal berangkat di tahun 2020 lalu, kemungkinan tahun ini ibadah haji akan dibuka kembali dengan jumlah jamaah yang terbatas, sehingga tak semua calon jamaah haji di tahun 2020 bisa berangkat.

Keberangkatan haji yang dilaksanakan dengan jumlah terbatas ini disampaikan Duta Besar Saudi untuk Indonesia Esam Abid Altaghafi. Kata dia, Indonesia bakal mendapatkan jatah untuk melaksanakan ibadah haji di Arab Saudi. Namun, belum ada pengumuman resmi terkait hal ini.

Menyikapi hal ini, Kanwil Kemenag Jambi belum menerima terkait kabar tersebut dari pemerintah pusat, sehingga belum berani untuk memastikan apakah tahun ini bakal dilakukan atau tidak untuk pelaksanaan haji.

"Kita belum ada dapat informasi ini, termasuk dalam teknis pelaksanaan ibadah haji," kata Abdullah Saman, Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jambi, Rabu (21/4/2021).

Meski belum mendapatkan informasi terkait pelaksanaan ibadah haji, Saman menyebutkan, pihaknya terus melakukan persiapan, jika sewaktu-waktu telah menetapkan keberangkatan haji, sehingga tak kelabakan untuk menyiapkan jamaah.

"Yang jelas kita sudah siap semuanya, tapi kan kita masih menunggu informasi resmi dari Arab Saudi dan pemerintah pusat," ujarnya.

Kemudian, untuk saat ini yang telah disiapkan diantaranya yakni paspor untuk jamaah  dan vaksin yang akan dilakukan. Pasalnya, vaksin ini menjadi salah satu syarat untuk keberangkatan haji.

"Semua kita persiapkan dan akan kita lakukan terus," sebutnya.

Sebelumnya, pembatasan calon keberangkatan jamaah haji tersebut karena masih adanya pandemi Covid-19 di seluruh negara, termasuk di Arab Saudi. Sehingga beberapa kegiatan yang dilaksanakan menjadi terbatas.

"Kita berdoa saja agar pandemi ini segera berlalu," tandasnya.

Untuk kuota haji pada tahun ini, juga belum bisa dipastikan. Dikarenakan jamaah yang menarik pelunasan haji berkemungkinan akan dibayar lagi. Untuk kuota tahun 2021 sama dengan tahun 2020 yang tak jadi berangkat 2.909 CJH.


Penulis: Achy
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments