Rabu, 22 September 2021

Keutamaan Shalat Tarawih

Rabu, 21 April 2021 | 14:31:33 WIB


Marbawi, S.Pd.I, Guru SDIT Al -Azhar Jambi
Marbawi, S.Pd.I, Guru SDIT Al -Azhar Jambi / istimewa

Oleh : Marbawi, S.Pd.I

BULAN suci Ramadhan telah tiba Umat islam diseluruh penjuru dunia tengah bersuka cita dan berlomba-lomba untuk mencari pahala. Limpahan berkah dan kebaikan pun senantiasa mengikuti disetiap langkah untuk beribadah kepada Allah SWT. Selain puasa wajib, umat islam juga dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunnah di malam harinya  yaitu shalat Tarawih dan Witir. Bahkan shalat tarawih tersebut dianjurkan oleh Rasulullah SAW kita dalam sebuah hadis berikut ini.

” Barangsiapa melakukan Qiyam (Lail) pada bulan ramadhan, karena iman dan mencari pahala, maka diampuni untuknya apa yang telah lalu dari dosanya” (HR. Bukhari, Muslim)

Maksud Qiyam Ramadhan, secara khusus, menurut Imam Nawawi adalah shalat Tarawih. Hadist ini memberitahukan kepada kita semua bahwa shalat Tarawih itu bisa mendatangkan Magfirah, dan bisa menggugurkan semua dosa, tetapi dengan syarat karena bermotifkan Iman.

Membenarkan pahala-pahala yang dijanjikan oleh allah SWT bukan karena Riya’ atau sekedar adat kebiasaan saja. Banyak yang tidak mengetahui tentang keutamaan shalat tarawih. Ibadah yang hanya dapat dilakukan di bulan Ramadhan ini rupanya memiliki banyak keutamaannya.

Bulan suci Ramadhan membawa banyak kebahagiaan bagi semua kaum muslim di dunia. Bulan ramadhan waktunya bagi umat islam untuk kembali Intropeksi diri dan dan beribadah sesuai perintah Allah SWT. Shalat Tarawih merupakan salah satu ibadah yang istimewa lantaran hanya bisa dikerjakan di bulan ramadhan.

Kendati demikian, hal ini bukan semata-mata menandakan bahwa shalat tarawih harus dikerjakan bagi umat islam dimalam hari. Sebab, hukum shalat tarawih sendiri merupakan sunnah muakad. Artinya hanya sebatas dianjurkan untuk dikerjakan guna mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Jika seorang muslim dapat mengerjakannya disebut akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, namun bukan suatu dosa besar jika seorang muslim tidak mengerjakannya. Shalat tarawih bisa dikerjakan sendiri ataupun berjamaah dirumah maupun di masjid. Namun, diutamakan untuk ditunaikan secara berjamaah guna meningkatkan silaturrahmi dan pahala yang berlipat-lipat. Sebagaimana hadist Rasulullah SAW :

“ Shalat berjamaah lebih utama dibandingkan shalat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat “ (HR. Bukhari)

Meski merupakan salah satu amalan sunnah yang hanya dapat dilakukan saat bulan suci ramadhan, namun shalat tarawih banyak sekali keutamaannya. Keutamaan shalat tarawih tersebut baik bagi yang melakukannya hingga orang lain. Berikut beberapa keutamaan shalat tarawih :

Dosa-dosa diampuni

Keutamaan shalat tarawih yang pertama adalah diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadist sahih berikut ini :

” Barangsiapa melakukan Qiyam (lail) pada bulan ramadhan, karena iman dan mencari pahala, maka diampuni untuknya apa yang telah lalu dari dosanya” (HR. Bukhari, Muslim)

Untuk itu bagi mereka yang berlomba-lomba mengerjakan shalat tarawih selama bulan ramadhan disebut akan terlahir kembali dengan jiwa yang bersih. Selain itu shalat tarawih juga dapat mendekatkan jiwa kepada Allah SWT sehingga umat islam pun senantiasa akan jauh dari segala larangannya.

Selain itu, keutamaan shalat tarawih yakni umat islam dapat mengerjakannya secara berjamaah, baik dimasjid ataupun dirumah. Shalat yang dikerjakan secara berjamah disebut akan mendatangkan pahala yang setara dengan amalan semalam penuh.

” Sesungguhnya, siapa saja yang shalat bersama imam hingga imam itu selesai, maka ia dicatat telah mengerjakan shalat semalam suntuk “ (HR. Tirmidzi)

Menguatkan Tali Silaturrahmi

Keutamaan shalat tarawih yang berikutnya mampu memperkuat tali silaturrahmi antara umat islam. Saat dilakukan berjamaah dimasjid, maka muslim pun dapat bertemu dan bercakap-cakap sehingga tali persaudaraan akan semakin terjalin. Saat ditunaikan berjamaah dirumah, hubungan antar anggota keluarga pun juga akan semakin harmonis.

“ Silaturrahmi bukanlah yang saling membalas kebaikan. Tetapi seorang yang berusaha menjalin hubungan baik meski lingkungan terdekat merusak hubungan persaudaraan dengan dirinya “ (HR. Bukhari)

Dapat Meningkatkan Kesehatan

Membakar kalori yang tertimbun didalam tubuh, meningkatkan fungsi otak, serta membantu otak kita untuk mengendalikan hormon penyebab stres berlebih.

Penulis adalah Guru SDIT Al -Azhar Jambi


Penulis: Marbawi, S.Pd.I
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments