Jumat, 7 Mei 2021

Pemkab Sarolangun Dapat Bantuan Bangun Pengelolaan Sampah dengan Sistem Sanitary Landfill


Rabu, 21 April 2021 | 15:04:39 WIB


David, Kabid pengelolaan sampah di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sarolangun
David, Kabid pengelolaan sampah di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sarolangun / istimewa

SAROLANGUN - Pengelolaan sampah dengan sistem Sanitary Landfill di tempat pembuangan akhir (TPA) Kabupaten Sarolangun akan segera dibangun.

Kabid pengelolaan sampah di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sarolangun David mengatakan bahwa pihaknya bersama instansi terkait lainnya telah melakukan rapat membahas pembangunan TPA tersebut.

"Kita dapat bantuan pembangunan TPA dengan sistem Sanitary Landfill dan itu rencananya memang akan diadakan tahun ini," ujar David, Rabu (21/4/2021).

David menerangkan, pada saat melakukan rapat di bulan Januari 2021 lalu, pihaknya dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Sarolangun diminta untuk segera melengkapi beragam persyaratan yang tengah dibutuhkan.

"Diminta untuk melengkapi persyaratan agar itu bisa dilelangkan. Setelah lelang nanti mudah-mudahan di tahun ini terlaksana. Kalau terlaksana bisa membantu kita dalam pengelolaan sampah," katanya.

Dengan adanya bantuan pembangunan TPA dari Kementerian, itu secara otomatis nantinya akan mampu menambah umur dari TPA yang ada di Kabupaten Sarolangun saat ini.

"Kalau kita mengandalkan TPA yang ada, lama kelamaan akan penuh dan umurnya paling singkat. Dengan adanya penambahan ini umur TPA nya akan lebih panjang," jelasnya.

Selain itu, dengan dibangun kan nya TPA Sistem Sanitary Landfill di Sarolangun. Lanjut dia, nanti akan mendapat kualitas tertinggi dan paling bagus dalam hal penanganan sampah.

"Kalau penilaian Adipura juga sebagai salah satu syarat untuk penilaian yang cukup tinggi dalam Adipura," tambahnya.

Untuk pengelolaan sampah di TPA-TPA yang ada, David mengatakan terbagi menjadi beberapa tipe, diantaranya open damping, kontrol landfill dan sanitary landfill.

"Open damping kita buang sampah, numpuk-numpuk sampah itu saja. Kalau kontrol landfill kita numpuk sampah pada batas tertentu kemudian ditimbun tanah," ungkapnya.

Sementara itu, untuk Sanitary Landfill lebih canggih dan pengelolaannya lebih bagus juga pasilitas yang memadai.

"Mereka dibuat semacam cekungan kemudian dilapisi dengan membran dan kita buang disitu, nanti ada pemanfaatan menghasilkan gas metan yang bisa dimanfaatkan untuk listrik dan segala macam," tutupnya.


Penulis: Mario
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments